PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LINKTREE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4276Abstract
pembelajaran interaktif berbantuan linktree untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian yaitu uji coba oleh 2 validator yakni 2 Dosen Program Studi Pendidikan Fisika dan 2 orang guru Fisika serta 31 siswa kelas XII/F .3 sebagai responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaiyu menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh digunakan sebagai dasar dalam perbaikan media pembelajaran berbantuan linktree. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berupa media pembelajaran berbantuan linktree layak digunakan sebagai sumber belajar fisika berdasarkan penilaian validator sebesar 78%, penilaian oleh guru fisika sebesar 86% dengan kriteria layak/baik. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan penilaian sebesar 86% sedangkan uji coba kelompok besar untuk menilai keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh hasil sebesar 83% dengan kategori efektif.
Downloads
Keywords:
Media Pembelajaran, Interaktif, LinktreeReferences
Afriyose, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Linktree Melalui Discovery Learning UntukMeningkatkan Hasil Belajar Geografidi Sekolah Menengah Atas. 1–177.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Febri Yantika, U. (2023). Chatbot Sebagai Solusi Pembelajaran Mandiri Untuk Bab Kimia Unsur: Tinjauan Literatur Dan Rekomendasi Pengembangan Dengan Addie. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 33–43. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.900
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524
Frasidik, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Hypermedia untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Alat Optik SMA. Skripsi, 290.
H. Dukalang, H., & Lestari, D. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 3(1), 1. https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.179
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Muhamad. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 11–18.
Putri, R. R., Ahda, Y., & D, R. (2018). Aspect Analysis in Higher Order Thinking Skills on the Evaluation Instrument of Protist Topic for the Grade 10 Senior Highschool Students. Biodik, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.22437/bio.v4i1.5504
Rahayu, S. D., Prihandono, T., & Gani, A. A. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Concept Mapping pada Materi Elastisitas di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 240–247.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Winarno, A., & Bukhori, I. (2024). PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN LINKTREE. 4(5). https://doi.org/10.17977/um063.v4.i3.2024.5
Winarti. (2022). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbantuan Linktree Pada Materi Koloid Dengan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 1–12. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i1.1418
Yulianti. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Herlina Done, Melkyanus Bili Umbu Kaleka, Hamsa Doa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi