PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM BERDEFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4387Abstract
Indonesia dapat maju dengan menata pendidikan yang lebih baik untuk menaikkan mutu pendidikan. Salah satunya dengan pergantian Kurikulum merdeka, dengan tujuan dapat menciptakan masyarakat yang pintar, aman, terbuka, dan demokratis. dalam kemampuan berpikir kritis. Salah satu dari pendekatan yang dapat digunakan adalah discovery learning serta pembelajaran berdeferensiasi. Discovery learning merupakan pembelajaran yang bertumpu pada kemandirian belajar siswa sedangkan pembelajaran berdeferensiasi sendiri mempertimbangkan kebutuhan siswa yang sesuai dengan kesiapan belajar, gaya belajar, minat dan bakat. Pada penelitian ini dilakukan di MTs Cokroaminoto Wanadadi tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan metode eskperimen dengan desain nonequivqlen control group. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen kelas VIII B dan kelas VIII A digunakan sebagai kelas kontrol. Hasil uji-t pada penelitian ini . Untuk uji n-gain diperoleh sebesar 0,6690 pada kelas ekperimen dengan . Dari perolehan uji tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran discovery dalam pembelajaran berdeferensiasi berdampak dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.
Downloads
Keywords:
Pembelajaran Discovery, Berdiferensiasi, Berpikir KreatifReferences
Ambarita, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi (1st ed.). Penerbit Adab. https://www.google.co.id/books/edition/IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_BERDIFERENSIAS/j163EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Implementasi+Pembelajaran+Berdiferensiasi&pg=PR5&printsec=frontcover
Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498
Balim, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research(35), 1-20.
Castronova, J. A. (2012). Discovery Learning for the 21st Century: What is it and how does it compare to traditional learning in effectiveness in the 21st Century? Journal International, 1-12.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8
Dorisno, D., Ayunis, A., Efendi, R., & ... (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. … Al-Awlad: Jurnal …, 163–174. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/8307
Fadllan, A., Hartono, H., Susilo, S., & Saptono, S. (2022, September). Pengembangan tes kreativitas saintifik fluida statis berbasis scientific creativity structure model. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 72-78).
Fatma, H. (2021). Kreativitas peserta didik dalam pembelajaran bioteknologi dengan pjbl berbasis STEAM. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7-14.
Laumarang, S. N., Odja, A. H., & Supartin, S. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 315–326. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2337
Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819
Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3, 215 – 221.
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180. https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/download/306/172
Rahman, R., & Maarif, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Anologi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 33-58.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar MENGAJAR. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (3rd ed.). Alfbeta.
Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.
Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17-29.
Tumurun, Septiani Wahyu, D. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 101–110.
Zahra, F. ., Wahyudiana, E. ., & Hadi, W. (2021). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan IPA Kelas IV SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 104-112. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Izni Nur Kholifah, Firdaus Firdaus, Darul Muntaha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi