ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GERAK DAN GAYA DI SMP NEGERI 8 LAHAT
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4600Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terhadap LKPD berbasis problem based learning dalam pembelajaran IPA khususnya fisika setelah diberlakukannya kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada 2 orang guru IPA kelas VII fase D SMP dan penyebaran angket kepada 68 peserta didik kelas VII fase D SMP. Hasil dari wawancara didapatkan bahwa guru belum pernah menggunakan LKPD berbasis problem based learning dalam proses pembelajaran. Selain itu, kemampuan peserta didik berdasarkan hasil belajar masih perlu ditingkatkan karena peserta didik sulit memahami materi terutama pada soal perhitungan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang digunakan guru saat ini hanya buku paket. Sebanyak 92,7% peserta didik tertarik menggunakan LKPD berbasis PBL. LKPD berbasis problem based learning dapat menjadi salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan guna menunjang proses pembelajaran dan memaksimalkan kegiatan pembelajaran.
Downloads
Keywords:
lembar kerja peserta didik, problem based learning, gerak dan gayaReferences
Ain, Q., & Mirarlis. (2020). Pengembangan LKPD Berorientasi Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 397–406.
Aulia, M., & Yuliani, H. (2020). Analisis kebutuhan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem-based learning (PBL) pada materi tekanan di SMP kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 20–25. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/131
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108.
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686–692. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Hasibuan, A. T., Ananda, F., Mawaddah, Putri, R. M., & Siregar, S. R. A. (2022). Kreativitas Guru menggunakan Metode Pembelajaran PKn di SDN 010 Hutapuli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9946–9956. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3997
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1243
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Husnita, L., Astriani, M., Hidayat, S., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2021). Analisis Kebutuhan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di Sma Negeri 8 Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(1), 121. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i1.3762
Khoerunisa, A., Istiana, R., & Suchyadi, Y. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Dan Gerak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 925–932. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.800
Khoerunnisa, N., Akil, & Abidin, J. (2022). Urgensi Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 5(3), 334–346. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/7573
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maharani, F., Arjudin, A., Novitasari, D., & Subarinah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 19. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8288
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Nisrina, N., Jufri, A. W., & Gunawan, G. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 192–199. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1880
Nofriyanti, D., & Hardeli, H. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Struktur Atom untuk Kelas X Fase E SMA. YASIN, 3(5), 1251–1261. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i5.1982
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Prabandari*, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Eksperimen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694–704. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26108
Septianti, I., & Carolina, H. S. (2023). Pengembangan LKPD Pembuatan Briket Kulit Kakao sebagai Bahan Ajar Siswa SMA. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(1), 16. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.6864
Sumarmi, S. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Social Science Academic, 1(1), 94–103. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3193
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Tressyalina, T., Noveria, E., Arief, E., Wulandari, E., & Ramadani, N. T. (2023). Analisis Kebutuhan E-LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Teks Eksposisi. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i1.1
Widianingrum, N. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA. 12(2), 311–320.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adinda Ramadhani, Nely Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi