ANALISIS KESULITAN BAGI GURU IPA UNTUK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Authors

  • Maimunah Haji Daud Universitas Flores
  • Melkyanus Bili Umbu Kaleka Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) permasalahan apakah yang dialami guru IPA dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas?. (2) upaya apakah yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kesulitan guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas?. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru yang tergabung dalam Musyawara Guru Mata Pelajaran IPA tingkat SMP/MTs Rayon 2 Kabupaten Ende yang berjumlah 20 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan tahapan meliputi; pengumpuan data, reduksi data, analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor permasalah guru kesulitan dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas adalah Guru kesulitan dalam membagi waktu mengajar dengan kegiatan melakukan Penelitian Tindakan Kelas, Guru kesulitan dalam menentukan permasalahan yang terjadi dalam kelas untuk dijadikan penelitian, Guru masih kesulitan untuk memulai latar belakang proposal Penelitian Tindakan Kelas yang terstruktur dan sistematis, Guru belum memahami dengan baik siklus-siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas, Guru masih kesulitan memahami metodologi penelitian, serta kurangnya pemahaman akan Penelitian Tindakan Kelas . Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan Penelitian Tindakan Kelas adalah dengan mengadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas, mengikuti seminar serta membentuk kelompok diskusi.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Analisis Kesulitan, Guru

References

Arikunto, S. (2006). Data Penelitian Deskriptif. Management Penelitian Analisis.

Asrin, A., Karta, I. W., Waluyo, U., & Muntari, M. (2020). Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Inovatif Bagi Guru SMAN 1 Kopang Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.417

Bagja, S. W., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan 1. Jurnal Rontal Keilmuan PKn.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. ABDIMAS UNWAHAS. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Hunaepi, Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asy’ari, M. (2016). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI MTs. NW MERTAKNAO. Lumbung Inovasi.

Kaleka, M. dkk (2019). PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN. Laporan Kegiatan Pengabdian. LPPM. Universitas Flores

Koshy, V. (2005). Action research for improving practice: a practical guide. In SAGE Publication. https://doi.org/10.1111/j.1540-8191.2008.00648.x

Lewin, K., & Lewin, K. (2004). Action Research and Minority Problems (1946). In Resolving social conflicts and field theory in social science. https://doi.org/10.1037/10269-013

Mayang Risqi Putriani, Sri Wahyuni, L. N. (2016). Analisis Kesulitan–Kesulitan yang Dialami Guru Ekonomi untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. In Jakarta: Referensi (GP Press Group.

Paul, B., Gorski, C., & Pavilion, M. (2010). 20 ( Self- ) Critical Things I Will Do to Be a Better Multicultural Educator. EdChange.

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). PENGEMBANGAN PROFESI GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Slameto, S. (2015). PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Scholaria?: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p60-69

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). PERANAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019

Sundari, R. (2013). EVALUASI PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SEKABUPATEN SLEMAN. (2013). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/pep.v12i2.1427

Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Thyer, B. A., Miles, B. W., & Jozefowicz-Simbeni, D. M. H. (2019). Naturalistic Inquiry. In The Handbook of Social Work Research Methods. https://doi.org/10.4135/9781544364902.n22

Ulva, N. L., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). PENERAPAN E-LEARNING DENGAN MEDIA SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN KONSEP BADAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6453

Downloads

Published

2019-12-02 — Updated on 2020-08-26

How to Cite

Daud, M. H., & Kaleka, M. B. U. (2020). ANALISIS KESULITAN BAGI GURU IPA UNTUK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 36-42. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.502

Issue

Section

Articles