PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK JURUSAN IPA SMAN I TALIBURA

Authors

  • Eliseus Esto Universitas Flores
  • Maimunah Haji Daud Universitas Flores
  • Ilyas Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Atas Negeri I Talibura Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas XII Sekolah Mengeah Atas Negeri I Talibura jurusan Ilmu Pengetahuan Alam yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambbilan sampel dengan teknik sampling sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara dan dokumentasi.  Data dokumentasi adalah prestasi belajar peserta didik yaitu nilai ujian tengah semester genap dan nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik. Hasil ini dibuktikan berdasarkan perhitungan nilai F, dimana F hitung lebih besar dari nilai F tabel (32,05 > 4,06).

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

SMA Negeri 1 Talibura, Media Sosial, Prestasi Belajar

References

Ananda, L. A. (2018). MEMAHAMI EKSISTENSI MANUSIA MELALUI MEDIA KOMUNIKASI. Jurnal Kawistara. https://doi.org/10.22146/kawistara.37337

Anggraeni, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKn & Hukum.

Chris Brogan, 2010. Social Media 101Tactic and Tips to Develop Your Business Online. Cananda: wiley

Feri Sulianta, 2015. Keajaiban Media Sosial. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hanafi, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jom Fisip.

Manumpil, B., Ismanto, A., & Onibala, F. (2015). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT PRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 9 MANADO. Jurnal Keperawatan UNSRAT.

Mawitjere, O., Onibala, F., & Ismanto, Y. (2017). HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA SISWA SISWI DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN. Jurnal Keperawatan UNSRAT.

Mutia, I., Irfansyah, P., & Widya, L. P. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Facebook Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Di Universitas. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN). https://doi.org/10.26418/jp.v2i2.17632

P.D, S. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Rasyidah, D. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Jenis-Jenis Media Sosial Terhadap Intensitas Belajar Pai Siswa Kelas Viii Di Smp N 3 Karangdowo Klaten. Pendidikan Agama Islam.

Rismana, A., Normelani, E., & Adyatma, S. (2020). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kecamatan Banjarmasin Barat. Jurnal Pendidikan Geografi.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sugiyono. (2016). Definisi dan Operasionsl Variabel Penelitian. Definisi Dan Operasionsl Variabel Penelitian.

Sunyoto, D. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. In Buku seru.

Sutantohadi, A. (2018). BAHAYA BERITA HOAX DAN UJARAN KEBENCIAN PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP TOLERANSI BERMASYARAKAT. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.32486/jd.v1i1.153

Yandri, H. (2014). PERAN GURU BK/KONSELOR DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI SEKOLAH. Jurnal Pelangi. https://doi.org/10.22202/jp.v7i1.155

Downloads

Published

2019-12-02 — Updated on 2020-08-26

Versions

How to Cite

Esto, E., Daud, M. H., & Ilyas. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK JURUSAN IPA SMAN I TALIBURA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 43-53. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.531 (Original work published December 2, 2019)

Issue

Section

Articles