PENGGUNAAN MEDIA PHET (Physics Education Technology) PADA PEMBELAJARAN GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.553Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama pada materi getaran dan gelombang dan mengkaji pengaruh simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII B dan VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang didapatkan dari hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil dari uji normalitas untuk kelas kontrol dan eksperimen diperolah nilai signifikan > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal sedangkan untuk uji independent sample t test nilai signifikannya < 0,05 yang artinya ada pengaruh signifikan penggunaan simulasi PhET sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.
Downloads
Keywords:
Simulasi PhET, Hasil Belajar, Berpikir KritisReferences
Arsyad, Ashar, 2016. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Andayani, 2015. Komputer dan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Media Publishing
Fithriani, S., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Iryani, I., Tandililing, E., & Hamdani, H. 2018. Remediasi Miskonsepsi Siswa dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) Berbantuan Simulasi PhET. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(4).
Khoirunah, N., Pratini, U., Soekamto, I. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa IPA Terpadu Berbasis PhET dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Unesa. 208-212
Kaleka, M., Ika Yasinta. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berkarakter Model Inquiry Untuk Siswa Kelas IX. Panca Sakti Sains Education Journal. Vol. 4 (1) 2019. https://doi.org/10.24905/psej.v4i1.1112
Musa, S., Arifin, Z., & Asdam, B. 2018. Pelatihan Desain Dan Pengembangan Media Dan Teknologi Pembelajaran Di Desa Pitue, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Senmaster 2018) pp. 207-215. Universitas Terbuka.
Mulyono, A.,Irjayanti,M. 2014. Manajemen.Bandung : Mardhika Group
Moon, S. M. 2008. How Does the Problem Based Learning Approach Compare to the Model-Eliciting Activity Approach in Mathematics? [Online]. Tersedia: http:// www. cimt. plymouth. ac.uk/ journal/chamberlin.pdf
Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Okimustava. 2008. “Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pokok Bahasan Hukum Ohm di SMA Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2007/2008”.. Universitas Ahmad Dahlan : Yogyakarta.
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
Setiawan, W. E., & Rusmana, N. E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru IPA SD. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).
Silvia Triana Juita, Seko, M. S. ., Seku, A. Y. ., Ahmad, S. ., & Astro, R. B. (2020). PENENTUAN KOEFISIEN RESTITUSI BENDA MENGGUNAKAN METODE VIDEO TRACKING. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 46-53. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.365
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumargo, E., & Yuanita, L. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virual (PhET) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemistry Education
Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. 2017. PENGEMBANGAN Perangkat Pembelajaran Fisika Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains).4(2):518-524.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi