PENGGUNAAN MEDIA PHET (Physics Education Technology) PADA PEMBELAJARAN GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP

Authors

  • Asiyah Handayanti Universitas Jember
  • Indrawati I Universitas Jember
  • Iwan Wicaksono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama pada materi getaran dan gelombang dan mengkaji pengaruh simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII B dan VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang didapatkan dari hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil dari uji normalitas untuk kelas kontrol dan eksperimen diperolah nilai signifikan > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal sedangkan untuk uji independent sample t test nilai signifikannya < 0,05 yang artinya ada pengaruh signifikan penggunaan simulasi PhET  sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Simulasi PhET, Hasil Belajar, Berpikir Kritis

References

Arsyad, Ashar, 2016. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Andayani, 2015. Komputer dan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Media Publishing

Fithriani, S., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

Iryani, I., Tandililing, E., & Hamdani, H. 2018. Remediasi Miskonsepsi Siswa dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) Berbantuan Simulasi PhET. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(4).

Khoirunah, N., Pratini, U., Soekamto, I. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa IPA Terpadu Berbasis PhET dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Unesa. 208-212

Kaleka, M., Ika Yasinta. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berkarakter Model Inquiry Untuk Siswa Kelas IX. Panca Sakti Sains Education Journal. Vol. 4 (1) 2019. https://doi.org/10.24905/psej.v4i1.1112

Musa, S., Arifin, Z., & Asdam, B. 2018. Pelatihan Desain Dan Pengembangan Media Dan Teknologi Pembelajaran Di Desa Pitue, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Senmaster 2018) pp. 207-215. Universitas Terbuka.

Mulyono, A.,Irjayanti,M. 2014. Manajemen.Bandung : Mardhika Group

Moon, S. M. 2008. How Does the Problem Based Learning Approach Compare to the Model-Eliciting Activity Approach in Mathematics? [Online]. Tersedia: http:// www. cimt. plymouth. ac.uk/ journal/chamberlin.pdf

Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Okimustava. 2008. “Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pokok Bahasan Hukum Ohm di SMA Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2007/2008”.. Universitas Ahmad Dahlan : Yogyakarta.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Setiawan, W. E., & Rusmana, N. E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru IPA SD. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Silvia Triana Juita, Seko, M. S. ., Seku, A. Y. ., Ahmad, S. ., & Astro, R. B. (2020). PENENTUAN KOEFISIEN RESTITUSI BENDA MENGGUNAKAN METODE VIDEO TRACKING. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 46-53. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.365

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumargo, E., & Yuanita, L. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virual (PhET) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemistry Education

Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. 2017. PENGEMBANGAN Perangkat Pembelajaran Fisika Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains).4(2):518-524.

Downloads

Published

2020-11-02

How to Cite

Handayanti, A. ., I, I., & Wicaksono, I. . (2020). PENGGUNAAN MEDIA PHET (Physics Education Technology) PADA PEMBELAJARAN GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 63-72. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.553

Issue

Section

Articles