PENGARUH METODE SIMULASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.645Downloads
Keywords:
Metode Pembelajaran Simulasi, Video, Minat Belajar, Pemahaman KonsepReferences
Abdawiyah, R., Roektiningroem, E. & Wibowo, W. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Tahun 2016.
Anggraeni, A.P., Wilujeng, I., & Anjarsari, P. (2017). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Metode Pembelajaran Game Edukatif IPA untuk Siswa Kelas VIII B SMP N 1 Minggir. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Tahun 2018.
Fadhilah, Rika Nur., Suprapto, N., & Subekti, H. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran dalam Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Tekanan Darah Kelas VIII SMP Negeri 1 Babat Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013, 95-103.
Falahudin, I. & Agustin, M. (2013). Penerapan Metode Simulasi tentang Perkembangbiakan Vegetatif Buatan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Kabupaten Oku Timur. Jurnal Ta’dib, Vol. XVIII, No. 1. Edisi Juni.
Golu, Siti Fajaria. (2016). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Bakalan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun ke 5.
Handayani, Tri. (2015). Penerapan Metode Simulasi Pada Materi Pembelajaran Press Conference Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMK N 3 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan. Tahun 2015.
Hasibuan, J. J., & Muoedjiono. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ninda Riyani Ilyas, Kaleka, M. B., & Yasinta Embu Ika. (2018). EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MIA MAN ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 23-26. Retrieved from http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/157
Nuha, Ulin., Rosana, D., & Susilowati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Scramble terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Tema Tata Surya pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Kota Mungkid. Jurnal Pendidikan IPA Vol. 7, No. 1, 1-9.
Sadiman, Arif S., dkk. (2012). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Simanjorang, Edwin. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar IPA Melalui Metode Simulasi Berbasis Bioedutainment Pada Siswa SMP Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED, Vol.15 No.1, April 2018.
Sudjana N. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegensindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2012). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, Anang. (2009). Metode Pembelajaran Modern. Surabaya : Pustaka Media.
Wijayanto, L., Widodo, E., & Setianingsih, W. (2017). Pengembangan Modul IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan IPA. Tahun 2017.
Yunita R., Lestari, R. & Brahmana, E.M. (2015). Minat Belajar Siswa Kelas VIII terhadap Mata Pelajaran IPA di MTs PP. Hasanatul Barokah Tambusai Timur Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi. Tahun 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi