PERSEPSI MAHASISWA DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ZOOM CLOUD MEETING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.689Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam implementasi pembelajaran online mahasiswa berbasis Zoom Cloud Meeting mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data angket dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh secara keseluruhan dapat dilihat bahwa 12,30 % mahasiswa sangat setuju dengan pembelajaran online berbasis Zoom Cloud Meetings, 46,93 % mahaiswa setuju dengan pembelajaran online berbasis zoom cloud meetings, 25,28 % mahaiswa ragu dengan pembelajaran online berbasis zoom cloud meetings, 7,40 % mahasiwa tidak setuju dengan pembelajaran online berbasis zoom cloud meetings dan 3,17 % mahasiswa sangat tidak setuju dengan pembelajaran online berbasis zoom cloud meetings. Adanya mahasiswa yang tidak setuju dengan pembelajaran online berbasis Zoom Cloud Meeting ini dikarenakan mahasiswa berada didaerah yang jaringan internetnya kurang stabil dan juga bermasalah dengan keuangan untuk membeli paket data.
Downloads
Keywords:
Persepsi, Pembelajaran Online, Zoom Cloud MeetingReferences
Adrian, D. 2010. Pengertian Persepsi. (Online).
Ary, Jacobs & Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education.USA: Wadsworth.
Available:http://www.psikomedia.com/article/view/psikologi-sosial-/pengertian persepsi.
Bonk, C.J. (2002). Online Training in an Online World. Growth Lakeland. Retrieved from http://publicationshare.com
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fadila D., & Ridho, S.L.Z. (2013). Perilaku Konsumen. Palembang: Penerbit Citrabooks Indonesia.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gibson, dkk. (2010).Organisasi dan Manajemen. Edisi Terjemahan. Jakarta:Erlangga.
Hapsari, dkk. 2004. Psikologi Faal.Bandung : Rosda Karya.
Kaleka, M. B. U., Ika, Y. E., & Deno, M. E. (2020). Stusi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/Article/View/6022, 8(2), 159–164. https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.159-164
Kotler, P. & Kevin, K. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Lee, Y., Lee, J., & Hwang, Y. (2015). Relating motivation to information and communication technology acceptance: Self-determination theory perspective. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.05.021
Liu, A. N. A. M., & Ilyas, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 34. https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.7303
Rakhmat, J. 2007. Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.
Zulkifli N. (2011). Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Dosen Pembimbing Dalam Pembuatan Tugas Akhir (Skripsi) Mahasiswa Pada Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Riau Pekanbaru. Jurnal Educhild Vol. 01 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi