HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMPK St GABRIEL NDONA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.725Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antar kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPA, minat belajar dengan prestasi belajar IPA, dan kebiasaan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMPK St Gabriel Ndona. Pengambilan sampel dilakukan dengan sistem sampling jenuh sebanyak 35 siswa. Ada 2 teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu teknik angket dan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara: kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPA dimana berdasarkan hasil analisis data yaitu thitung =1,78 > ttabel = 1,69, minat belajar dengan prestasi belajar IPA, terbukti dengan hasil analisis data yaitu thitun = 2,20 > ttabel = 1,69 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 33, interaksi kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPA, dari hasil analisis data yaitu Fhitung = 49,82 >Ftabel = 3,29 pada taraf signifikan 0,05 dan dk pembilang = 2, dk penyebut =32.
Downloads
Keywords:
Kebiasaan belajar, Minat Belajar, Prestasi BelajarReferences
Achru. P.A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3 (2), 205-215.
Amin, E.V., Andayani, Y dan Sukib. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA. Chemistry Education Practise, 1 (1), 13-19.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1),68-75.
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Berutu, M.H.A dan Tambunan, M.I.H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1 (2), 109-115.
Depdiknas. (2006). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Melania Priska, & Marselina Rena. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII Semester 2 SMPK Wawonato Tahun Pelajaran 2016/2017. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 43-48. Retrieved fromhttp://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/128
Samben, S. (2014). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Eklektika, 2 (1), 60-66.
Siagian, R.E.F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2 (2), 122-131.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syafi’I, A., Marfiyanto, T dan Rodiyah, S.K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 115-123.
Wirantasa U. (2017). Pengaruh Kedisplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal formatif, 7 (1), 83-95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi