ANALISIS KEMAMPUAN MENYUSUN RPP BERBASIS SAINTIFIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Authors

  • Vinsensius Lantik Universitas Nusa Cenda
  • Fakhruddin Kamaruddin Universitas Nusa Cendana
  • Yusniati H. Muh Yusuf Universitas Nusa Cendana
  • Kadek Ayu Astiti Universitas Nusa Cendana
  • Antonius Suban Hali Universitas Nusa Cendana
  • Amirudin Supu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.727

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganlisis  kemampuan perencanaan bagi calon guru  fisika  dalam  menyusun  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  berbasis  saintifik.  Metode  penelitian  yang  digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 50 orang mahasiswa pendidikan fisika semester VI tahun akademik 2019/2020 pada mata kuliah Micro Teaching. Instrumen penelitian  menggunakan  penilaian  skala  disertai  rubrik  dari  hasil  tampilan  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.  Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan  kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 68,53 dengan kategori baik. Capaian ini masih perlu ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Calon Guru Fisika, RPP, Saintifik

References

Afriyani, P. (2013). Pelaksanaan Tugas Guru Profesional Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Pariaman. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Aida, W., & Antoni, R. (2017). Basic Components of Micro Teaching Skill At Third Year. Journal of English Education.

Ali Sadikin, S.Pd.I., M. P. (2020). Pembelajaran Mikro. Salim Media Indonesia Jl.

Anifah, U., M, M., & Dinata, W. W. (2019). Peranan Mata Kuliah Micro teaching Terhadap Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan Bidang Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Sport Science. https://doi.org/10.24036/jss.v19i2.28

Apriani, L., Alpen, J., & Arismon, A. (2020). Tingkat percaya diri dan keterampilan micro teaching. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5155

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asiah, S. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Auliya, N., Swistoro, E., & Putri, D. H. (2019). ANALISIS RPP DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Jurnal Kumparan Fisika. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.177-184

Budiawan, B. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN TomjerTahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.36312/jime.v5i1.687

Chotimah, C., Pacul, S., Prasetyo, B. I., & Winarko, R. (2018). Pengaruh Diklat Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP Inovatif Di Gugus 06 Kecamatan Bojonegoro. Jurnal Manejerial Bisnis.

Chusni, M. M., Setya, W., Agustina, R. D., & Malik, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Saintifik bagi Calon Guru Fisika. Scientiae Educatia. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.1952

Dirgantoro, K. P. S. (2019). The effect of academic and pedagogic competences on basic teaching skills of mathematics teacher candidates in micro teaching. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v5i2.604

Hanipah, B. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN Renggung Tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.36312/jime.v4i1.314

Hidayatulloh, M., Humairoh, F., Wachidah, U., Iswati, D. A., & Suliyanah, S. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DENGAN SCIENTIFIC APPROACH. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA). https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n1.p28-32

Hindrasti, N. E. K., Putri, A. N., & Muhartati, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Terintegrasi Adiwiyata Berbasis Isu-isu Kritis Lokal pada Calon Sekolah Adiwiyata di Tanjungpinang. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.16271

Ibrahim, I. (2016). DESKRIPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 3 MAROS KABUPATEN MAROS. Jurnal Daya Matematis. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1704

Kemendikbud. (2016). Indonesia education statistics in brief 2015/2016. Center for Educational Data and Statistics and Culture.

Koross, R. (2016). Micro Teaching an Efficient Technique for Learning Effective Teaching Skills: Pre-service Teachers’ Perspective. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies (ISSN 2455–2526). https://doi.org/10.21013/irajems.v4.n2.p7

Ledger, S., & Fischetti, J. (2020). Micro-teaching 2.0: Technology as the classroom. Australasian Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.14742/ajet.4561

Mawardi, M. (2019). OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Muhtarom, M. (2020). Pengetahuan Pedagogi Mahasiswa Calon Guru dalam Perencanaan Pengajaran Matematika dan Hubungannya dengan Keyakinan. Jurnal Elemen. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2094

Nasar, A., Kaleka, M.B.U.,& Alung, H. (2020). PENGARUH DISTANCE LEARNING MELALUI LEARNER CENTER MICRO TEACHING TERHADAP PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE, PENGALAMAN, PERFORMANS, DAN KESADARAN PROFESIONAL MAHASISWA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(Desember), 91–102. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.706

Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN TANTANGANNYA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329

Safitri, M., Uswatun, D. A., & Nurochmah, A. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP di SD Negeri Ciangsana. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2.3065

Sofyan, H., Us, T., Wakid, M., & Sulistyo, B. (2019). Developing Micro-Teaching Video As Learning Media in Automotive Teacher Education. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012059

Yayuk, E., & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21793

Downloads

Published

2021-06-02

How to Cite

Lantik, V., Kamaruddin, F., Yusuf, Y. H. M., Astiti, K. A., Hali, A. S., & Supu, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN MENYUSUN RPP BERBASIS SAINTIFIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 34-44. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.727