ANALISIS KEMAMPUAN MENYUSUN RPP BERBASIS SAINTIFIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.727Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganlisis kemampuan perencanaan bagi calon guru fisika dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 50 orang mahasiswa pendidikan fisika semester VI tahun akademik 2019/2020 pada mata kuliah Micro Teaching. Instrumen penelitian menggunakan penilaian skala disertai rubrik dari hasil tampilan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 68,53 dengan kategori baik. Capaian ini masih perlu ditingkatkan.
Downloads
Keywords:
Calon Guru Fisika, RPP, SaintifikReferences
Afriyani, P. (2013). Pelaksanaan Tugas Guru Profesional Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Pariaman. Jurnal Administrasi Pendidikan.
Aida, W., & Antoni, R. (2017). Basic Components of Micro Teaching Skill At Third Year. Journal of English Education.
Ali Sadikin, S.Pd.I., M. P. (2020). Pembelajaran Mikro. Salim Media Indonesia Jl.
Anifah, U., M, M., & Dinata, W. W. (2019). Peranan Mata Kuliah Micro teaching Terhadap Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan Bidang Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Sport Science. https://doi.org/10.24036/jss.v19i2.28
Apriani, L., Alpen, J., & Arismon, A. (2020). Tingkat percaya diri dan keterampilan micro teaching. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5155
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asiah, S. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Auliya, N., Swistoro, E., & Putri, D. H. (2019). ANALISIS RPP DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Jurnal Kumparan Fisika. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.177-184
Budiawan, B. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN TomjerTahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.36312/jime.v5i1.687
Chotimah, C., Pacul, S., Prasetyo, B. I., & Winarko, R. (2018). Pengaruh Diklat Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP Inovatif Di Gugus 06 Kecamatan Bojonegoro. Jurnal Manejerial Bisnis.
Chusni, M. M., Setya, W., Agustina, R. D., & Malik, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Saintifik bagi Calon Guru Fisika. Scientiae Educatia. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.1952
Dirgantoro, K. P. S. (2019). The effect of academic and pedagogic competences on basic teaching skills of mathematics teacher candidates in micro teaching. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v5i2.604
Hanipah, B. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN Renggung Tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.36312/jime.v4i1.314
Hidayatulloh, M., Humairoh, F., Wachidah, U., Iswati, D. A., & Suliyanah, S. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DENGAN SCIENTIFIC APPROACH. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA). https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n1.p28-32
Hindrasti, N. E. K., Putri, A. N., & Muhartati, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Terintegrasi Adiwiyata Berbasis Isu-isu Kritis Lokal pada Calon Sekolah Adiwiyata di Tanjungpinang. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.16271
Ibrahim, I. (2016). DESKRIPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 3 MAROS KABUPATEN MAROS. Jurnal Daya Matematis. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1704
Kemendikbud. (2016). Indonesia education statistics in brief 2015/2016. Center for Educational Data and Statistics and Culture.
Koross, R. (2016). Micro Teaching an Efficient Technique for Learning Effective Teaching Skills: Pre-service Teachers’ Perspective. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies (ISSN 2455–2526). https://doi.org/10.21013/irajems.v4.n2.p7
Ledger, S., & Fischetti, J. (2020). Micro-teaching 2.0: Technology as the classroom. Australasian Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.14742/ajet.4561
Mawardi, M. (2019). OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Muhtarom, M. (2020). Pengetahuan Pedagogi Mahasiswa Calon Guru dalam Perencanaan Pengajaran Matematika dan Hubungannya dengan Keyakinan. Jurnal Elemen. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2094
Nasar, A., Kaleka, M.B.U.,& Alung, H. (2020). PENGARUH DISTANCE LEARNING MELALUI LEARNER CENTER MICRO TEACHING TERHADAP PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE, PENGALAMAN, PERFORMANS, DAN KESADARAN PROFESIONAL MAHASISWA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(Desember), 91–102. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.706
Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN TANTANGANNYA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329
Safitri, M., Uswatun, D. A., & Nurochmah, A. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP di SD Negeri Ciangsana. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2.3065
Sofyan, H., Us, T., Wakid, M., & Sulistyo, B. (2019). Developing Micro-Teaching Video As Learning Media in Automotive Teacher Education. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012059
Yayuk, E., & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21793
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi