PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEMON PAGONG FLORES TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.959Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Demon Pagong dalam pembelajaran Fisika. Jenis penelitian ini adalah survey (ex post facto) yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fisika (1 orang) dan siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Demon Pagong yang berjumlah 30 siswa. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, indikator kelancaran kemampuan berpikir kreatif sebesar 45% pada kategori kurang kreatif, indikator keluwesan kemampuan berpikir kreatif sebesar 40,63% pada kategori tidak kreatif, indikator originalitas kemampuan berpikir kreatif adalah 46,25% untuk kategori kurang kreatif, dan penjabaran indikator kemampuan berpikir kreatif sebesar 50% untuk kategori kurang kreatif. Terlihat bahwa secara keseluruhan indikator rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Demon Pagong adalah 45,47% dalam kategori kurang kreatif dan secara keseluruhan terdapat 23 siswa yang memiliki persentase 76,7% dalam kategori cukup kreatif.
Downloads
Keywords:
Creative Thinking Ability, PhysycsReferences
Amalia, N. F., & Pujiastuti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu melalui Model PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. The Chritsal Knowledge Universitas Indonesia.
K. Filsaime Dennis. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. In Menguak Rahasia Berfikir Kritis dan Kreatif.
Kaleka, Melkyanus Bili Umbu & Ika, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter Model Inquiry untuk Siswa Kelas IX. Pancasakti Science Education Journal (PSEJ), 4(April), 1–6. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/PSEJ/article/view/1112
Kaleka, M., & Ika, Y. E. (2018). Developing the Character-Based Students Worksheet of Science with Inquiry Model for Students of Grade IX Literature Study Field Study Planning and drafting the LKS Small Trial Test Validation , Revision Writing the LKS completion Big Trial Test Figur. 2(2), 66–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jser.v2i2.22470
Kaleka, M., & Nur, F. D. M. (2018). Experimental-Based Scientific Approach toward the improvement of Science Process Skill and Scientific Attitudes of Grade X Student MAN Ende. Journal of Science Education Research, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.21831/jser.v2i1.19328
Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. (2017). Journal of Primary Education. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i3.21141
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Mulyasa, E. (2011). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. In Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nofianti, L., & Qomariah. (2017). Metode Penelitian Survey. Ekp.
Nurdin, M. (2013). Kiat Menjadi Guru Profesional. AR-RUZZ MEDIA.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.
Safaria & Sangila. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 9 Kendari pada Materi Bangun Datar. Jurnal Al-Ta’dib.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. In Bandung:Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Disi Revisi VI.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi