META ANALISIS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Uswatun Nisa IAIN Palangka Raya
  • Hadma Yuliani IAIN Palangka Raya
  • Nur Inayah Syar IAIN Palangka Raya
  • Luvia Ranggi Nastiti IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.960

Abstract

Proses pemahaman konsep fisika seringkali mengalami kendala karena minimnya sumber belajar yang dapat memotivasi siswa dalam belajar serta dalam memperkuat pemahaman. Salah satunya dengan memberikan suatu bahan ajar berupa e-modul berbantuan SIGIL pada pembelajaran fisika. Tujuan dari meta-analisis ini adalah untuk mengestimasi Pengembangan E-Modul Berbantuan SIGIL Pada Pembelajaran Fisika. Metode penelitian meta analisis ini terdiri dari langkah-langkah yaitu perumusan masalah, pengumpulan data (studi), pengkodean data, dan analisis data dan interpretasi. Dari hasil pencarian jurnal diperoleh 35 jurnal pengembangan e-modul berbantuan SIGIL pada pemebelajaran fisika. Terdapat 5 artikel yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan:  Ketika proses studi menggunakan e-modul berbantuan SIGIL  pada pembelajaran fisika dalam SMA/MA/SMK. Ulasan ini mengungkapkan bahwa ada efek positif yang kuat dari Pengembangan e-modul berbantuan SIGIL pada pembelajaran fisika. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa hasil meta analisis diperoleh effect size dari efektivitas pengembangan e-modul berbantuan SIGIL Pada Pembelajaran Fisika sebesar 2,2 yang tergolong tinggi yaitu sebesar 99%.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

meta-analisis, pengembangan e-modul, e-modul SIGIL

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, (1), 99-110.

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 1, pp. 81-85).

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta:PT. Raja Grafindo

Close, E. W., Conn, J., & Close, H. G. (2016). Becoming physics people: Development of integrated physics identity through the Learning Assistant experience. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 010109.

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dasna, I. Wayan. 2005. Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya. FMIPA UM. Dirjen Dikti Depdiknas.

Department of Education. Tanpa Tahun. Module 1: Chemistry and You. Pasig City: Bureau of Secondary Education, (Online), ( http://www.bse.ph.pdf ), diakses 21 Februari 2021.

Dillon, J. 2008. A review of The Research on Practical Work in School Science. King’s College London, (Online), ( http://score-education.org.pdf ), diakses 20 februari 2021.

Haqiqi, L. N. U., Akhdinirwanto, R. W., & Maftukhin, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL FISIKA BERBASIS SOFTWARE SIGIL BEREKSTENSI EPUB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 125-133.( https://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/article/view/146 ), diakses pada tanggal 15 februari 2021.

Hartwell, S.K. 2012. Exploring the Potential for Using Inexpensive Natural Reagents Extracted from Plants to Teach Chemical Analysis. Chemistry Education Research and Practice, (Online), 13: 135-146, ( www.rsc.org ), diakses 29 januari 2021.

Hastin, D. A. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUl MATEMATIKA BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Herrington, D.G. & Nakhleh, M.B. 2003. What Defines Effective Chemistry Lab Instruction? A teaching Assistant and Student Perspective. Journal of Chemical Education, (Online), 80(10): 1197-1205, ( www.researchgate.net ), diakses 20 Februari 2021..

Hidayat, A. (2017). Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Materi Fisika Kuantum Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 87-101.

Hisanah, R. H. (2020). Pengembangan bahan ajar e-book berbasis EPub (Electronic Publication) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang bunyi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung ( http://digilib.uinsgd.ac.id/35948/ ), diakses pada tanggal 17 Februari 2021.

Liana, Y. R., & Nursuhud, P. I. (2020). Problem-Based Learning Approach with Supported Interactive Multimedia in Physics Learning: Its Effects on Critical Thinking Abilty. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 88-97. ( https://core.ac.uk/download/pdf/327121792.pdf ), diakses pada tanggal 17 februari 2021.

Kaleka, M., & Ika, Y. E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan

Alam Berkarakter Model Inquiry untuk Siswa Kelas IX. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 1-6

Kaleka, M., & Ika, Y.E. (2018). Developing the Character-Based Students Worksheet of Science with Inquiry Model for Students of Grade IX. JSER (Journal of Science Edication Research), 2(2), 66-70.https://doi.org/10.21831/jser.v2i2.22470

Liana, Y. R., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 926-932). ( https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/394 ), diakses pada tanggal 20 Februari 2021.

Mafumiko, F.M.C. 2008. The Potential of Micro Scale Experimentation in Enhancing Teaching and Learning of Secondary Chemistry: Experience from Tanzanian Classrooms. NUE Journal of International Educational Cooperation, (Online), 3:63-79, ( http://incet.naruto-u.ac.jp.pdf ), diakses 30 Mei 2013

Malik, A. S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Kaidah Pencacahan Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMK (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA). ( http://repository.unpas.ac.id/49797/ ), diakses pada tanggal 20 februari 2021.

Millar, R. & Abrahams, A. 2008. Does Practical Work Really Work? A Study of Effectiveness of Practical Work as A Teaching and Learning Method in School Science. International Journal of Science Education, (Online), 30(14):1945-1969, ( http://www.rhodes.aegean.gr.pdf ), diakses 16 feruari 2021.

Mubasir, M. M. R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Penggunaan Scan Tool Efi Berbasis Flash Pada Kompetensi Dasar Memahami Dan Memelihara Engine Management System (Doctoral dissertation, UNNES).

Putri, M. A., & Purmadi, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 174-180.( https://jurnal.ikipmataram.ac.id/index.php/jtp/article/view/3073 ),diakses pada tanggal 15 februari 2021.

Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., ... & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2021-06-19

How to Cite

Nisa, U. ., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). META ANALISIS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 64-73. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.960