Penggunaan Geotextil Sebagai Bahan Bangunan

Authors

  • Fransiskus Xaverius Ndale Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/teknosiar.v13i2.265

Abstract

Bahan dasar geotekstil pada umumnya dihasilkan dari serat dan benang polymeric dengan unsur utama seperti polypropylene, polyester, polyethylene dan polyamide. Jenis geotextile yang banyak digunakan adalah jenis woven dan nonwoven Woven geotextiles adalah suatu bahan seperti kain yang dibentuk dengan ditenun. Nonwoven dibuat dengan 100 persen polypropylene. Bahan polimer sebagai perkuatan konstruksi, khususnya perkuatan dengan bahan geotextile. Geotextile merupakan salah satu jenis geosynthetis yang cukup luas penggunaannya dibidang teknik sipil untuk memecahkan permasalahan geoteknik. Sebagai alternatif yang digunakan dalam menangani tanah dasar adalah penggunaan geotekstil yang berfungsi sebagai pemisah atau separator (separation) ,filtrasi,drainase,perkuatan atau tulangan (reinforcement),stabilisasi,proteksi dan gabungan dari fungsi-fungsi tersebut. Dalam pemilihan bahan geotextil yang akan digunakan pada umumnya berdasarkan karakteristik teknik bahan geotextile tersebut. Karakteristik teknik tersebut meliputi antara lain karakteristik fisis, mekanis, dan hidrolis. Penggunaan geotextile yang paling umum diantaranya:stabilisasi tanah,perkuatan tanah timbunan,perkuatan lapis perkerasan jalan,perkuatan jalan kereta api,selain itu hasil pengembangan geotekstil dengan bahan lain: retaining wall, geotextile pada abutment jembatan,geotextile yang digunakan untuk box culvert,sedimen kontrol,waste containment. Hasil yang diperoleh dari penggunaan bahan geotekstil adalah: durabilitas bangunan dan umur bangunan lebih lama ,pelaksanaan relatif mudah,bahan ringan mobilisasi relative murah, biaya konstruksi relative murah.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Geosynthetis, Geotekstil, Polymer, Reinforcement

References

Amoco Fabrics and Fibers Company, http://www.geotextile.com
Brown, David, Geotextile Sebagai Penahan Tanah Timbunan.”
Geofabrics Astralasia PYT LTD. Australia, www. Geofabrics.com.au
Hardiyatmo, H. C. (2017). Geosintetik Untuk Rekayasa Jalan Raya Perancangan dan Aplikasi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Kenneth .N. Dencher, George.P “ Material for Civil &Highway Engineering” 4th edision Prentice Hall,1998.
Koerner, R. M. (2005). Designing With Geosynthetics Fifth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Mochtar, Indrasurya B., “Geosynthetics Masa Kini.”

Downloads

How to Cite

Ndale, F. X. . (2020). Penggunaan Geotextil Sebagai Bahan Bangunan. TEKNOSIAR, 13(2), 64-73. https://doi.org/10.37478/teknosiar.v13i2.265

Issue

Section

Articles