Nilai Pendidikan Karakter dan Implementasinya Bagi Pengajaran Sastra dalam Cerpen “Setinggi Bintang di Langit” Karya Claudia Gracia Ngabut Pada Antalogi Cerpen Siswa Sma Flores Lembata

Authors

  • Maria Marietta Bali Larasati Universitas Flores
  • Alexander Gagus Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1.2915

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan karakter dan implementasinya bagi pengajaran dalam cerpen “Setinggi Bintang di Langit” Karya Cluadia Gracia Ngabut pada Antologi Cerpen Siswa SMA Flores Lembata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik yang digunakan adalah non statistika dalam arti menganalisis tidak menggunakan angka-angka. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori nilai Pendidikan karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam “Setinggi Bintang di Langit” Karya Cluadia Gracia Ngabut pada Antologi Cerpen Siswa SMA Flores Lembata adalah sebagai berikut: 1) nilai kerja keras, 2) nilai mandiri, 3) nilai menghargai prestasi, 4) nilai bertanggung jawab, 5) nilai cinta tanah air, 6) nilai disiplin, 7) nilai rasa ingin tahu. Implikasinya bagi pengajaran sastra Indonesia adalah bahwa dengan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut, peserta didik dapat lebih memahami pengetahuan yang diberikan dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan lebih kreatif dan bertanggung jawab. 

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

nilai pendidikan karakter, implementasi, pengajaran sastra, cerpen

References

PBSI FKIP Universitas Flores. 2014. Antologi Cerpen Siswa SMA Flores Lembata. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2017. Mendikbud: Pendidikan Karakter adalah Poros Perbaikan Pendidikan Nasional diunduh pada laman https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/blog/...pada tanggal 16 Juni 2023.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Moleong, Leksi. J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nazir, Mohammad. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nasrullah, F. J. (2015). “Pendidikan Karakter Pada Anak Dan Remaja”. Seminar Psikologi Dan Kemanusiaan. ISBN: 978-979-796-324-8 Malang: Universitas Muhammadiyah.

Sriwilujeng, Dyah. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2023-06-26 — Updated on 2023-06-29

Versions

How to Cite

Larasati, M. M. B. ., & Gagus, A. . (2023). Nilai Pendidikan Karakter dan Implementasinya Bagi Pengajaran Sastra dalam Cerpen “Setinggi Bintang di Langit” Karya Claudia Gracia Ngabut Pada Antalogi Cerpen Siswa Sma Flores Lembata . Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 47-56. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1.2915 (Original work published June 26, 2023)