Kemampuan Menulis Surat Resmi dan Surat Pribadi Dengan Metode Pembelajaran Komunikatif Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Rewarangga Ende Tahun Ajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i1.4448Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan tentang kemampuan menulis surat resmi dan surat pribadi dengan metode pembelajaran komunikatif pada siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk angka-angka dan dianalisis secara kualitatif verbal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan teknik tes tertulis dan dokumentasi. Metode tes tertulis digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga dalam menulis surat resmi dan surat pribadi dengan menggunakan metode pembelajaran komunikatif. Kelompok sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 21 orang siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga Ende. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat resmi dan surat pribadi tergolong baik. Kemampuan menulis surat resmi dengan rata-rata 80,52% dan surat pribadi dengan rata-rata adalah 81,23%.
Downloads
Keywords:
Kemampuan, menulis surat resmi, surat pribadi, metode PBLReferences
Artanti, E. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dengan Strategi Writing In The Here And Right Now Pada Siswa Kelas Vii D Smp Negeri 9 Yogyakarta. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 6(5), 621-633.
Bata, F. 2023 Melatih Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Berdiskusi Partisipatif dan Kolaboratif Mahasiswa Semester I Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Flores. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 147-157.
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Jakarta : Rajawali Pers.
Djollong, A. F. 2014. Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1).
Kasiram Moh., Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif, Cet.II, Malang; UIN Maliki Press, 2009
Musfiroh, Tadkiroatun, 2016. Psikolinguistik Edukasional. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nurbaeti, N. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menelaah dan Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Melalui Kegiatan Pembelajaran Menulis dengan Model Pembelajaran Cooperative Script (Penelitian Tindakan kelas pada siswa kelas VII SMP PUI Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Ramadhani, S. 2020. Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Siswa kelas V Sd Pangeran Antasari Medan Tahun pembelajaran 2020. 7(1), 12–22.
Sindi, S., Agustina, J., & Nufus, H. 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Komunikatif Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2754-2763.
Supriyati, I. 2020. Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas viii mtsn 4 palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 104-116.