Efektifitas Pemanfaatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SDI Wolowona 2

Authors

  • Maria Floriana Serlin Universitas Flores

Abstract

media pop up pada siswa kelas IV SDI Wolowona 2 tahun pembelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Setelah data dikumpulkan selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Rikwan & Akdon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SDI Wolowona dengan menggunakan media pop up sangat  baik dimana sebanyak 28 siswa berhasil mencapai KKM dan hanya 2 siswa yang tidak memenuhi KKM. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan mereka tergolong baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80,46%. Siswa yang mampu memperoleh nilai > 75 dengan persentase 93,33% dengan predikat baik dan siswa yang tidak mampu memperoleh nilai < 75 dengan persentase 6,67% dengan predikat cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Efektifitas, Media Pop Up, Menulis Cerpen

References

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. RemajaRosdakarya

Dzuanda. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri ”Gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id, pada 19 Februari 2015).

Fajarsih Darusuprapti.(2015) Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Media Pop Up Untuk Siswa Kelas IV SD Muhamadiyah Sidokarto Godean Sleman Yogyakarta.UNY

Isnu Hidayati. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.

Montanaro Ann. (2015) : “A Concise History of Pop-up and Movable Books”. Diambil dari https:/braries.rutgers.edu/rul/libs/scua/montanar/p-intro.htm, pada 01 Oktober 2020

N.Lia & Suhertuti. (2018). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Naskah Publikasi 22. Penggunaan Media Pop Up Book dan Metode Contektual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar ( 2018).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan R & D. Bandung: alfabeta .

V.Wiratna.(2020).Metode Penelitian . Yogyakarta, Pustaka baru press.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Serlin, M. F. . (2024). Efektifitas Pemanfaatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SDI Wolowona 2. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 25-34. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4619