Analisis Gaya Berbahasa Da’i Kembar dalam Acara Aksi Asia 2018 Berjudul “Jangan Semena-Mena”

Authors

  • Rachel Camila Rachim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Najah Jelita UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Zikri Ibnu Zar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hindun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5333

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gaya bahasa yang digunakan oleh penceramah kembar Al dan Il, pada acara Aksi Asia 2018, berjudul "Jangan Semena-mena". Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Teori Gorys Keraf menjadi teori yang digunakan dalam proses analisis dan tergolong menjadi empat jenis kategori. Hasilnya, kategori pertama ditemukan bahwa berdasarkan kata, penceramah menggunakan gaya bahasa resmi, tak resmi, dan percakapan dalam menyampaikan dakwah. Lalu yang kedua berdasarkan kalimat meliputi paralelisme, klimaks, repetisi, dan antiklimaks. Selanjutnya yang ketiga berdasarkan nada mereka menggunakan gaya bahasa menengah yang mengandalkan metafora dan humor sehat untuk menciptakan suasana yang damai. Terakhir yaitu keempat berdasarkan langsung tidaknya makna yang terkandung di dalamnya terlihat dalam penggunaan asonansi yang bertujuan memberikan kesan yang kuat dalam penyampaian pesan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dalam memahami gaya bahasa, teknik dan strategi retorika yang baik dalam berdakwah.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Gaya Bahasa, Dakwah, Kembar,, Retorika

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak

Publisher).

Fatimah, K., Febriyatko, A., Busri, H., & Badrih, M. (2023). Estetika Bahasa dalam Retorika Dakwah KH Anwar Zahid pada Channel Youtube: Kajian Fungsional Linguistik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2),

-1089.

Gorys Keraf. (2017). Diksi Dan Gaya Bahasa (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama). Hermawan, A. (2020). Retorika dakwah.

Inderasari, E., Hapsari, D. A., Rosita, F. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis penggunaan gaya bahasa iklan layanan masyarakat bijak bersosial media di radio Kota Surakarta. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,

(2), 508-528.

Irfan, M. (2019). Gaya Komunikasi dan Retorika Dakwah TGKH. Muhammad Zainul Majdi dalam Pengajian Hultah NWDI KE-70-80 di Pancor, Lombok Timur. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3),

-2019.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian tentang efektivitas pesan dalam komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90-95.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal

Educational Research and Social Studies, 29-37.

Ridwanulloh, M. R., Hendaryan, H., & Hidayatullah, A. (2023). Gaya Bahasa Ceramah Ustaz Adi Hidayat dalam Channel Youtube. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 413.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., ... & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.

Rosyadah, N., Sari, I. P., KF, A. Z., & Adilia, Y. E. (2022). Analisis Gaya Bahasa Pada Puisi Dengan Puisi Aku Karya Taufiq Ismail. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 204-217.

Udin, U. (2019). Retorika dan Narasai Dakwah bagi Pemula. Sanabil.

Yanuar, D. (2020). Gaya retorika dakwah ustadz abdul somad pada ceramah peringatan maulid nabi muhammad saw tahun 1440 H di mesjid raya baiturahman banda aceh. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 25(2), 354-385.

Published

2024-12-23

How to Cite

Camila Rachim , R., Jelita, N., Ibnu Zar, Z. ., & Ibnu Zar, H. (2024). Analisis Gaya Berbahasa Da’i Kembar dalam Acara Aksi Asia 2018 Berjudul “Jangan Semena-Mena”. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 28-39. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5333

Issue

Section

Articles