Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Teknik Koreksi Langsung Pada Siswa Kelas VII SMPS Rewarangga Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Falentinus Bata Universitas Flores
  • Chalizah Paramitha Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.6072

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagiamana kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik koreksi langsung pada siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga Kecamatan Ende timur, Kabupaten Ende. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan dan mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik langsung pada siswa kelas VII SMPS Rewarangga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode Tes. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi hasil belajar, dan teori keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa -siswi kelas VII SMP Swasta Rewarangga memiliki keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan teknik tes yang digunakan berhasil. Hal ini terbukti dengan presentase nilai rata-rata yang diperoleh dari 20  siswa sampel diketahui siswa yang mampu memperoleh nilai >75 sebanyak 18 siswa dengan presentase tingkat yang mampu 90 % memperoleh predikat baik. Sedangkan bagi siswa yang tidak mapu memperoleh nilai < 75 sebanyak 2 siswa dengan presentase tingkat yang tidak  mampu sebanyak 10 % memperoleh predikat cukup. Dan dari 20 siswa sampel dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis  cerpen dengan menggunakan koreksi langsung masih tergolong baik dengan rata-rata  85,5 %

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Menulis cerpen, Teknik Koreksi langsung

References

Alwi, Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

D’ Anggelo, 1980. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Hamid, A.Bakar. 1995. Dasar-Dasar penulisan Cerita Pendek. Ende: Nusa Indah

Lado, 1997. Menulis Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Kasiram, 2008. Metodologi Penenlitian Kualitatif-kuantitaf. Yokyakrta: Uinmaliki Press

Morsey, 1987. Menulis Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Suparno, 2002. Keterampilan dasar Menulis. Jakarta: Universitas terbuka

Stanton. 2012. Drama sejara, teori dan Penerapnnya. Javakarsa Media

Suharianto, S. 2005. Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Bata, F., & Paramitha, C. (2024). Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Teknik Koreksi Langsung Pada Siswa Kelas VII SMPS Rewarangga Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende Tahun Ajaran 2023/2024 . Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 40-50. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.6072

Issue

Section

Articles