PENGARUH SOCIAL SUPPORT, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAKARONIMU MADIUN (OUTLET KECAMATAN DOLOPO)

Authors

  • Sepbrio Ian Pradana Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Adi Santoso Universitas Muhammdiyah Ponorogo
  • Titis Purwaningrum Universitas Muhammdiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.37478/als.v13i2.2950

Abstract

This research is intended to be able to see partially and simultaneously whether purchasing decisions at Makaronimu Madiun (Dolopo District Outlets) are influenced by social support, product quality, and location. Because at this time in the business world there is always intense competition, so you have to be able to correct those that occur as a result of various problems and be more sensitive in order to maintain and develop your business. The current research applies a quantitative method that uses important information by distributing it to 100 people. The sampling method used by researchers is non-probability sampling with accidental sampling. The analysis used in this study applies multiple linear regression analysis through processing the SPSS 26 application. The conclusion of this study shows that the partial test (t) consists of Social Support (X1) = 0.000, Product Quality (X2) = 0.005, and Location (X3) ) = 0.000.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Social Support, Location, consumer buying interest, product quality

References

Anang Hartono, W. (2015) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap KepuasanKonsumen melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal.

Arifin, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Roti Pada CV. Prima Sari Bakery Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8), 1–21.

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 204-219.

Dita, K. (2018). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Rumah Makan “Kedai Sambel Bandel” di Magetan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Ezza Aprilia Sari, S.R. (2015), Analisis Perngaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Rabbani di Pekanbaru, Jom FEKON.

Fauzi, R. U. A. (2017). Pengaruh Harga Dan Free Wi-Fi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Angkringan di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 62- 74.

Gusrita, D., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 944-954.

Hasanudin, M. (2016), Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga terhadap Kepuasan Nasabah melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Penjualan Logam Mulia Emas, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Ikhwana, A., & Dewi, M. K. (2021). Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Batik Lokal Melalui Teknologi Informasi. Jurnal Kalibrasi, 18(2), 58–65.

Lenny Menara Saragih, S. (2018), Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Grabcar di Kota Medan, Manajemen Bisnis.

Mahmudah, N. (2019), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Survei Konsumen di Rumah Makan Lesehan Goa Sampung), Skripsi.

Munawaroh, F. K. (2020). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Wijsoen Coffee Container Ponorogo (Studi Konsumen di Wijsoen Coffee Container). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2)

Nur Dianah, H, W. (2017), Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi serta Dampaknya pada Kepuasan Konsumen, Jurnal Manajemen, 16-26.

Pujiastuti, N., Reza, R., & Astuti, R. F. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(1), 107-117.

Qo, D. (2020). Faktor Dukungan Sosial. Dukungan Sosial, 13–32.

Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 1(2).

Sugiarto, E. (2017). Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Viana, E. O., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada rumah makan “Mie Gacoan” Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis, 3(2), 149–164

Wafin, I. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Naavagreen Dengan Merek Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Mahasiswi Managemen Angkatan Tahun 2014 di Universitas Muhammadiyah Ponorogo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Pradana, S. I., Santoso, A., & Purwaningrum, T. (2023). PENGARUH SOCIAL SUPPORT, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAKARONIMU MADIUN (OUTLET KECAMATAN DOLOPO). ANALISIS, 13(2), 320-333. https://doi.org/10.37478/als.v13i2.2950