PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK MI INSTAN INDOMIE (VARIAN GORENG ORIGINAL) DI JAKARTA SELATAN

Authors

  • R. Hario Sulistianto Universitas Tanri Abeng
  • Fahri Haikal Universitas Tanri Abeng
  • Putri Alifia Zahra Universitas Tanri Abeng
  • Diin Fitri Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.37478/als.v15i01.5302

Abstract

This study aims to determine whether promotion affects purchasing interest in Indomie products, to determine whether price has an impact on consumer purchasing interest in Indomie products, and to determine whether promotion and price simultaneously have an impact on purchasing interest in Indomie products. in the South Jakarta area. The sample in this study was Indomie product consumers with a total of 300 respondents., who lived in South Jakarta, and consumed fried Indomie products at least twice a month. This research used quantitative methods in the form of data collected from respondents' responses to questionnaires distributed via Google Forms. The results of this research show that promotions and prices have a significant influence on buying interest. This research also shows a simultaneous influence between promotion and price on buying interest in the original fried variant of the Indomie product in South Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Promotion, Price, Purchase Interest

References

Andriani Pompayo, Frederik G Worang, R. K. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie Goreng Pada Pt. Indomarco Adi Prima Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 4455–4464.

Anindita, N. (2022). PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS GAWASTA (Studi Kasus Pada Toko Perhiasan Gawasta di Madiun). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(2), 12–26.

Anisa, N., Hermuningsih, S., & Maulida, A. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(2), 321–335. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.707

Ardhi, B. M., & Sastika, W. (2018). Epic Model Dan Direct Rating Method : Efektivitas Iklan Media Sosial Instagram Batagor Hanimun Di Kota Cimahi Tahun 018. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(3), 985–992. https://perantara.net/perubahan- trend-iklan-

Arini, N., Saroh, S., & Hardati, R. N. (2022). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen E- Commerce Tokopedia). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Dan Bisnis, 11(2), 230–242. www.shopee.com

Assalam, N. H., & Wibisono, A. (2020). DAMPAK CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK CAFFINO MELALUI EKUITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Swalayan Santri Lenteng ). 1(2017).

Echdar, H. S. (2017). Metode penelitian manajemen dan bisnis : panduan komprehensif langkah demi langkah penelitian. In Ghalia Indonesia.

Fitriani, T. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Opera Kuantan Di Kota Pekanbaru). 9–25.

Imantoro, F. (2018). Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Brawijaya, 23. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165358/

Inayah, R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik pada Masyarakat (Studi Kasus di Wilayah Kota Purwokerto). Skripsi, 84.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Lukitaningsih. (2013). Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi dan Implikasinya. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 3(1), 21. https://doi.org/10.30588/jmp.v3i1.85

Madjidu, A., Usu, I., & Yakup, Y. (2022). Analisis Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Semangat Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 444–462. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.598

Malau, Y. L., & Fithri, N. (2021). Analisis Pengaruh Nilai Rasio Solvabilitas dan Rasio Aktivitas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 2(2), 89–99.

Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, LMII Medan, 7(1), 49–64. http://ejournal.lmiimedan.net

Mayang Gadih Ranti, Indah Budiarti, B. N. T. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 9–64.

Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463

Rafa, M. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Miniso Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–129. http://eprints.uny.ac.id/65419/1/MuhammadRafaSubhannallah_15808144002.p df

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.

Sakinah, S. (2019). PENGARUH PRODUK, HARGA, TEMPAT, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Empiris pada Konsumen Seblak Sinija Kabupaten Magelang). In Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) (Vol. 1, Issue 4).

Sari, R. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Harga Serta Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Indomie Real Meat Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember. Digital Repository Universitas Jember.

Sari, S. (2019). Pengaruh Kelompok Referensi, Online Customer Review Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 45–80. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/985

Suparwo, A., Supriadi, A. A., & Sukajie, B. (2024). STRATEGI PROMOSI, CITRA MEREK, DAN MINAT BELI PADA DISTRO BANDUNG OBLONG. ANALISIS, 14(01), 180–192. https://doi.org/10.37478/als.v14i01.3752

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan First Media) Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie di Semarang. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 423–432.

Widodo, T. (2015). Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Indomie. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 88. http://eprints.ums.ac.id/41384/22/skripsi full text.pdf

Zulfa, I., & Hariyani, T. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UKM Ampuh Di Kabupaten Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 299–314. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.363

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Sulistianto, R. H., Haikal, F., Zahra, P. A., & Fitri, D. (2025). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK MI INSTAN INDOMIE (VARIAN GORENG ORIGINAL) DI JAKARTA SELATAN. ANALISIS, 15(01), 84-97. https://doi.org/10.37478/als.v15i01.5302