Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

 

GAYA SELINGKUNG PENULISAN

Jurnal Sajaratun : Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah

Program Studi Pendidikan Sejarah

Universitas Flores

 

 

 

Jurnal Sajaratun : Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah merupakan jurnal elektronik yang dibentuk oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores dan melibatkan para reviewer yang berkompeten di bidangnya baik di dalam maupun di luar Universitas Flores. Tujuan Jurnal Sajaratun : Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah adalah sebagai wadah publikasi penelitian dan tulisan para praktisi/ilmuan dalam bidang Sejarah dan Pendidikan Sejarah. Tulisan merupakan tulisan asli (bukan plagiat).

FORMAT PENULISAN SECARA UMUM

Menggunakan penulisan yang sesuai Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD). Ketik rapi pada kertas A4, font 12 Arial, margin (atas, kiri,kanan, bawah) 3433, spasi 1,5 dan maksimal 15 halaman (terhitung dari judul hingga daftar pustaka/lampiran yang diperlukan jika ada). Naskah yang diterima bisa berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pengaturan untuk jarak spasi sangat diperhatikan (before and after spacing harus 0 (nol)). Jarak antar bab, subbab, dengan anak bab hanya berjarak 1 spasi (1 kali enter). First line indent pada penulisan awal paragrap menjorok ke dalam 9 huruf (1,1 cm). Secara umum naskah ajuan terdiri atas judul, abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan (analisis), kesimpulan, saran dan daftar pustaka. Penambahan bab atau subbab tergantung pada format penelitian atau naskah pengirim dengan tidak menyalahi penulisan karya tulis ilmiah.

 *perhatikan dan taati aturan format penulisan secara umum, guna kelancaran seleksi dan pertimbangan penerimaan naskah Anda.

Untuk keseragaman penulisan, khusus naskah penelitian asli harus mengikuti Sistematika sebagai berikut:

  1. 1. Judul karangan (Title)
  2. Nama dan Lembaga Pengarang (Authors and Institution)
  3. Abstrak (Abstract)
  4. Naskah (Text), yang terdiri atas:

- Pendahuluan (Introduction)

- Metode (Methods)

- Hasil (Results)

- Pembahasan (Discussion)

- Kesimpulan (Conclusion)

- Saran (Recommendation)

  1. Daftar Pustaka (Reference)

 

Untuk keseragaman penulisan, khusus naskah tinjauan pustaka harus mengikuti sistematika sebagai berikut:

  1. Judul
  2. Nama penulis dan lembaga pengarang
  3. Abstrak
  4. Naskah (Text), yang terdiri atas:

- Pendahuluan (termasuk masalah yang akan dibahas)

- Pembahasan

- Kesimpulan

- Saran

  1. Daftar Pustaka (Reference)

 

 

PENJELASAN PENULISAN SECARA RINCI

Penulisan Judul

Judul ditulis secara singkat, jelas, dan padat yang akan menggambarkan isi naskah. Ditulis tidak terlalu panjang, maksimal 20 kata dalam bahasa Indonesia. Ditulis di bagian tengah atas dengan UPPERCASE (huruf kapital), tidak digarisbawahi,tidak ditulis di antara tanda kutip, tidak diakhiri tanda titik(.), tanpa singkatan, kecuali singkatan yang lazim.

Contoh :

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI

PROBLEM BASED LEARNING

 

Penulisan Nama Pengarang

Dibuat taat azas tanpa penggunaan gelar dan dilengkapi dengan penjelasan asal instansi atau universitas. Penulisan nama pengarang dimulai dari pengarang yang memiliki peran terbesar dalam pembuatan artikel

Contoh :

Fatma Wati

Pendidikan Sejarah Universitas Flores

fatmawatiuniflor@gmail.com

 

Penulisan Abstrak

Abstrak merupakan miniatur dari artikel sebagai gambaran utama pembaca terhadap artikel Anda. Abstrak berisi seluruh komponen artikel secara ringkas (tujuan, metode,hasil, diskusi dan kesimpulan). Panjang maksimal 200 kata (tidak boleh di luar dari ketentuan ini), tidak menuliskan kutipan pustaka, dan ditulis dalam satu paragraf. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dilengkapi dengan kata kunci sebanyak 3-6 kata benda.

 

 

Penulisan Pendahuluan

Pendahuluan mengantarkan pembaca kepada topik utama. Latar belakang ataupendahuluan menjawab mengapa penelitian atau kajian dilakukan, apa yang dilakukan peneliti terdahulu atau artikel keilmuan yang sekarang berkembang, masalah, dan tujuan. Pada bab ini juga ditekankan adanya kejelasan pengungkapan background of problem, perbedaan dengan penelitian sebelumnya, dan kontribusi yang akan diberikan

Penulisan Metode atau Cara dan Bahan

Penulisan metode berisikan desain penelitian, tempat dan waktu, populasi dan sampel,teknik pengukuran data, dan analisis data. Sebaiknya menggunakan kalimat pasif dankalimat narasi, bukan kalimat perintah.

Penulisan Hasil

Pada penulisan hasil hanya dituliskan hasil penelitian yang berisikan data yang didapat pada penelitian atau hasil observasi lapangan. Bagian ini diuraikan tanpa memberikan pembahasan, tuliskan dalam kalimat logis. Penyajian hasil dan ketajaman analisis (dapat disertai tabel dan gambar untuk memudahkan pemahaman)

Penulisan Pembahasan

Pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah. Tujuan pembahasan adalah menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai dan menafsirkan/analisis hasil. Tekankan aspek baru dan penting. Bahas apa yang ditulis dalam hasil tetapi tidak mengulang hasil. Jelaskan arti statistik (misal p <0.001, apa artinya? dan bahas apa arti kemaknaan. Sertakan juga bahasan dampak penelitian dan keterbatasannya.

Penulisan Kesimpulan

Kesimpulan berisikan jawaban atas pertanyaan penelitian. Kesimpulan harus menjawab tujuan khusus. Bagian ini dituliskan dalam bentuk esai dan tidak mengandung angka.

 

 

Penulisan Tabel

Judul tabel di tulis dengan title case, subjudul ada pada tiap kolom, sederhana, tidak rumit, tunjukkan keberadaan tabel dalam teks (misal lihat tabel 1), dibuat tanpa garisvertical, dan ditulis diatas tabel..

Tabel 1. Data siswa kelas XI

                                                      Raihan Fauzy           17

                                                      Suciati Faradilla              16

                                                      Maria Polencys         16

                                                      Gregorius Kapa Djen      17

 

Penulisan Gambar

Judul gambar ditulis dibawah gambar.

Contoh :

 

 

                         Gambar 8. Diagram Hasil Belajar Sejarah Siklus 1

Penulisan Daftar Pustaka

Jumlah daftar pustaka/referensi dalam artikel minimal 5 sumber.

 

 

JUDUL NASKAH (Maksimal 12 Kata)

[Arial 12, UPPERCASE, bold, centered]

Penulis 11, Penulis22, Penulis33

[Arial 12, Capitalize Each Word, bold, centered]

1,2 Afiliasi Penulis, 3 Afiliasi Penulis

1 e-mail penulis 1, 2 e-mail penulis 2, 3 e-mail penulis 3

[Arial 12, Capitalize Each Word, bold, centered]

 

Abstrak

[Arial 11, Capitalize Each Word, bold, centered]

Abstrak merupakan miniatur dari artikel sebagai gambaran utama pembaca terhadap artikel Anda. Abstrak berisi seluruh komponen artikel secara ringkas (pendahuluan, metode, hasil, diskusi dan kesimpulan). Panjang 150 - 200 kata (tidak boleh di luar dari ketentuan ini), tidak menuliskan kutipan pustaka, dan ditulis dalam satu paragraf. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dilengkapi dengan kata kunci sebanyak 5-8 kata benda. Abstrak Bahasa Indonesia dan kata kunci ditulis tegak. [Arial 11, justified]

Kata kunci: harus ditulis sebanyak 3-6 kata,m dipisahkan dengan koma [Arial 11, justified]

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan mengantarkan pembaca kepada topik utama. Latar belakang atau pendahuluan menjawab mengapa penelitian atau kajian dilakukan, apa yang dilakukan peneliti terdahulu atau artikel keilmuan yang sekarang berkembang, masalah, dan tujuan. [Arial 12, justified, 1,5 spasi]

 

 

METODE PENELITIAN

Penulisan metodologi penelitian berisikan desain penelitian, tempat dan waktu, populasi dan sampel, teknik pengukuran data, dan analisis data. Sebaiknya menggunakan kalimat pasif dan kalimat narasi, bukan kalimat perintah. [Arial 12, justified, 1,5 spasi]

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada penulisan hasil hanya dituliskan hasil penelitian yang berisikan data yang didapat pada penelitian atau hasil observasi lapangan. Bagian ini diuraikan tanpa memberikan pembahasan, tuliskan dalam kalimat logis. Hasil bisa dalam bentuk tabel, teks, atau gambar. Pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah. Tujuan pembahasan adalah menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai danmenafsirkan/analisis hasil. Tekankan aspek baru dan penting. Bahas  apa yang ditulis dalam hasil tetapi tidak mengulang hasil. Jelaskan arti statistic (misal p<0.001, apa artinya? dan bahas apa arti kemaknaan. Sertakan juga bahasan dampak penelitian dan keterbatasannya.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan berisikan jawaban atas pertanyaan penelitian. Kesimpulan harus menjawab tujuan khusus. Bagian ini dituliskan dalam bentuk esai dan tidak mengandung angka.

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih hanya dituliskan jika dianggap penting untuk ditulis terkait sumber pendanaan (funding), akses data dan pembimbingan.

DAFTAR PUSTAKA

Jumlah daftar pustaka/referensi dalam artikel minimal 5 sumber. Pustaka menggunakan APA style.

Pustaka Primer (Jurnal)

Kulap, Mursalat. (2004). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Sejarah Dengan Media Internet Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012”. Ada Pada Jurnal Serambi PTK. Vol1. No 1, Juni 2014

Buku Teks

Sugiono. (2008). Metodologi Penelitian. Surabaya: Univesity Press.

 

 

Prosiding

Wati, Fatma. (2015). Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berbasis Pemikiran Politik Sukarno Melalui Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Siswa SMA Muhammadiyah Ende. Prosiding. Seminar Nasional Sejarah, UGM Yogyakarta; 125-137.

Skripsi/Tesis/Disertasi

Taha, Abdurahman. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi IPA MAN Nagekeo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores.

Internet

Malae, Andris K. Pendidikan Sejarah. http://artikel-sejarah.blogspot.co.id/ Diakses tanggal 1 Januari 2021 pukul 18.00 WITA

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.