UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI METODE PROBLEM BASED INTRODUCTION PADA MATERI INTEGRASI NASIONAL DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DI KELAS X MIPA 2 SMAK SYURADIKARA ENDE TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.37478/sajaratun.v5i1.1358Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian, yaitu bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar ppkn melalui metode problem based introduction pada materi integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika di kelas X MIPA 2 SMAK syuradikara tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar ppkn melalui metode problem based introduction pada materi integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika di kelas X MIPA 2 SMAK Syuradikara tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Reasearch. Ada empat dalam metode ini, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 24 siswa, nilai rata-rata mencapai 62,32 Artinya metode problem based introduction belum maksimal dan diperbaiki lagi siklus II. Pada siklus II Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 28 siswa, nilai rata-rata mencapai 73,68. Artinya metode problem based introduction efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Integrasi Nasional Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Hasil siklus II aktifitas siswa di dalam kelas sangat baik.
Downloads
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Problem Based Learning, Siswa SMKReferences
Arief S. Sadiman, dkk, 2010, Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
Azhar Arsyat, 2003, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Basyiruddin Usman, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990, Kamus Besar PPKn, Bandung: Balai
Pustaka.
Nana Syaodih Sukmadinata, 2005, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda
Karya.
Nana Sudjana, & Ibrohim, 1989, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar
Baru.
Rahadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Dikjen Dikti Depdikbud.
Saminanto, 2010, Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Semarang: RaSAIL.
Suharsimi Arikunto, dkk, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Syaiful Bahri, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta