MAKNA SYAIR LAGU PADA TARIAN GAWI DALAM UPACARA SYUKURAN PANEN DI DESA NDUARIA KECAMATAN KELIMUTU KABUPATEN ENDE

Authors

  • Maria Velisitas Tidha Pendidikan Sejarah Universitas Flores
  • Dentiana Rero Pendidikan Sejarah Universitas Flores
  • Hasti Sulaiman Pendidikan Sejarah Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v7i1.1958

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa makna syair lagu pada tarian Gawi dalam upacara syukuran panen di desa Nduaria Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui makna syair lagu pada tarian Gawi dalam upacara syukuran panen di desa Nduaria Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende. Teori yang digunakan adalah teori estetika yang dikemukakan oleh Sutrisino menjelaskan bahwa melalui tubuh dengan geraknya, termasuk mulut yang berucap atau gerak tangan dan kaki, manusia mengungkapkan siapa dia “sejatinya” siapa dirinya. Melalui tubuh yang berekspresi entah lewat mulut atau tangan yang berkarya, manusia mau menampilkan kehendaknya, pikirannya dan rasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarian Gawi sangat berarti bagi masyarakat desa Nduaria karena mengandung pesan-pesan moral yang membawa dampak perubahan tingkah masyarakat desa Nduaria itu sendiri. Syair lagu pada tarian Gawi bermakna religius, makna persatuan, makna sosiologis, makna kebersamaan, makna pengharapan akan keberhasilan. Peneliti menyimpulkan bahwa tarian Gawi merupakan suatu rangkaian dari upacara syukuran panen yang dilaksanakan setiap tahun dalam bulan Oktober. Dalam syair lagu pada tarian Gawi  ini menggambarkan tentang kisah nenek moyang yang sedang memanen padi di ladang dengan cara tradisional.

 

Keywords:

Makna, Syair lagu tarian Gawi, Masyarakat desa Nduaria

References

Djaren Saragih, 1994.Hukumadat Indonesia, Bandung, TaristoEdisi III.

Jurahman, dkk. 2014. Pengantar Ilmu Sosialdan Budaya Dasar.Salatiga: Widya Sari Press.

Koentjaraningrat, 1979. Pengantar Antropologi. Jakarta: PD AksaraCetakan

Nasution, 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung Taristo.

Pujiwijaya, 2010.Seni Tradisional, Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan

Saragih, Nangkir. 1994. Pendidikan senitari. Jakarta:Erlangga.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Tidha, M. V., Rero, D., & Sulaiman, H. (2022). MAKNA SYAIR LAGU PADA TARIAN GAWI DALAM UPACARA SYUKURAN PANEN DI DESA NDUARIA KECAMATAN KELIMUTU KABUPATEN ENDE. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 46-54. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v7i1.1958

Issue

Section

Articles