HISTORY PERSAHABATAN TIMUR DAN BARAT: SOEKARNO DAN JOHN FITZGERAL KENNEDY

Authors

  • Samingan Samingan Pendidikan Sejarah Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v7i2.2624

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana perjalanan persahabatan Soekarno dengan John F. Kennedy. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana persahabatan antara Soekarno dengan John F. Kennedy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah karena penelitian berbasis sejarah. Dalam penelitian sejarah ada beberapa beberapa yang harus dilalui di antaranya, yaitu heuristik, kritik sumber, interprestasi dan historiografi atau penulisan sejarah. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu bahwa inti persahabatan antara Soekarno dan Kennedy pada dasarnya adalah upaya untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Meskipun keduanya memiliki perbedaan ideologi dan kepentingan nasional yang berbeda, namun mereka berhasil menjalin hubungan diplomatik yang baik dan saling menghormati. Kennedy mengakui pentingnya Indonesia sebagai negara yang berperan penting dalam hubungan Amerika Serikat dengan Asia Tenggara, sementara Soekarno melihat hubungan dengan Amerika Serikat sebagai kunci penting dalam memperkuat posisi Indonesia di dunia internasional. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persabatan antara Soekarno dengan John F. Kennedy pada dasarnya memiliki tujuan kepentingan politik tapi saling menguntungkan antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

History, Persahabatan, Soekarno, Kennedy

References

Abraham Panumbangan. 2014. The Uncensored of Bung Karno Misteri Kehidupan Sang Presiden. Yogyakrta: NOTEBOOK

Ary Wijayanti, dkk. 2019. Abstrak Informatif Koleksi Khusus Bung Karno. Blitar: UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Erwin Dariyanto. 2017. "Demi Emas di Papua, CIA Gulingkan Sukarno dan Kennedy" Ada pada artikel detiknews. Tersedia pada: https://news.detik.com/berita/d-3631438/demi-emas-di-papua-cia-gulingkan-sukarno-dan-kennedy.

Louis Gottschalk. 2008. Mengerti Sejarah. Jakarta: Universitas Indonesia (UI- Press).

Sigit Aris Prasetyo. 2018. Persahabatan Soekarno dan John F Kennedy dalam 1000 Hari The Untold Stories. Tangerang: Imania.

Tim Historia. 2018. Kennedy & Soekarno: Mengungkap Berbagai Teori Pembunuhan John F. Kenndy dan Kisah Persahabatannya Dengan Presiden Soekarno. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Tim Penyusun Koran Sulindo. 2017. “Bung Karno, JFK, dan Gunung Emas di Papua”. Ada pada artikel Koran Sulindo. Tersedia pada: https://koransulindo.com/bung-karno-jfk-dan-gunung-emas-di-papua/

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Samingan, S. (2024). HISTORY PERSAHABATAN TIMUR DAN BARAT: SOEKARNO DAN JOHN FITZGERAL KENNEDY . Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(2), 176-188. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v7i2.2624