PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK DI SDK ENDE 8

Authors

  • Lili Suryani Halima Wunu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores
  • Maria Finsensia Ansel Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores
  • Finsensius Mbhabho Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v8i2.3771

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perilaku bullying peserta didik di SDK Ende 8. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perilaku bullying di SDK Ende 8.jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelas.terknik pengumpulan data yang digunakan adalah angkaet dan dokumentasi jumlah sampel dalam penelitian ini dalah berjumlah 54 responden yang berisi 30 pernyataan dengan 4 pilihan jawaban dan skor yang diberikan antara 1-4. responden dalam penelitian ini adalah peserta didik SDK Ende 8. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya nilai korelasi/hubungan (R) sebesar 0,501 dan persentase pengaruh variable bebas terhadap variable terikat yang disebut koefisien determinasi yang merupakan hasil dari pengkuadratan R. dari hasil olahan data diperoleh koefisien determinasi ) sebesar 25.1%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variable bebas (X) terhadap variable terikat (Y) sebesar 25,1% sedangkan sisanya 74,9% dipengaruhi oleh variable lain.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Kelompok Teman Sebaya, Perilaku Bullying

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Wunu, L. S. H., Ansel, M. F., & Mbhabho, F. (2024). PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK DI SDK ENDE 8 . Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 171-184. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v8i2.3771