PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN TAMAN BACAAN PLEY PUSTAKA DESA NDETUNDORA II KECAMATAN ENDE KABUPATEN ENDE

Authors

  • Yohana Bunga Pendidikan Sejarah Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v6i1.3837

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Taman Bacaan Pley Pustaka Di Desa Ndetundora II Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap layanan Taman Bacaan Pley Pustaka di desa Ndetundora II Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Peneliti menggunakan teori pendidikan Informal yang di gagas oleh Combs Pendidikan nonformal merupakan setiap aktivitas terorganisasi secara sistematis di luar persekolahan yang mapan, dicoba secara mandiri ataupun ialah bagian penting dari aktivitas yang lebih luas, yang terencana dicoba buat melayani peserta didik tertentu di dalam tujuan belajarnya. Pendidikan nonformal yang mana sangat dipengaruhi oleh keluarga serta lingkungan warga sangat mempengaruhi terhadap pembuatan perilaku serta sikap seseorang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini yaitu 1 pengganti pengelola TBM Pley Pustaka, 4 masyarakat, 1 kepala Desa, dan 1 Kaur Desa. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Pemaparan data, 4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Bacaan Masyarakat  Pley Pustaka  serius dalam mendidik anak bangsa dengan cara sederhana menyiapkan berbagai literatur atau bahan pustaka bagi anak-anak yang membutuhkan sumber bahan bacaan serta memberikan pelayanan yang baik untuk para pengunjung. Selain ketersedian bahan pustka terdapat juga fasilitas yang mendukung kegiatan membaca di Taman Bacaan Masyarakat yang  masih sangat sederhana seperti ruangan khusus, persediaan kursi dan meja serta lemari sebagai tempat untuk menyimpan buku. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan kesederhanaan fasilitas dan keterbatasan tetapi semangat  terus berkobar dari pengelola dalam pelayanan kepada anak-anak untuk tetap membaca dan berkunjung ke Taman Bacaan Masyarakat Pley Pustaka.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Persepsi, Masyarakat, Layanan, TBM Pley Pustaka

References

Asmani. 2011. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia Timur. 2018. Daftar Taman Bacaan.

Idrus. 2009. Metodologi Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta:Referensi(Anggota IKAPI).

Kemendikbud. 2017. Gerakan Literasi Nasional: Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta Kemendikbud. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Kemendikbud

Nasution, M Sambirin. 1992 peran pustakawan umum dalam mencerdasakan masyarakat, Jakarta: Pengurus Besar Ikatan Pustakawan Indonesia

Saptiyulda, 2018.” Taman Bacaan Masyarakat Di Kecamatan Pontianak”& Jurnal Online ( 2018) Nomor 2 . Vol 6. Mahasiswa Arsitektur. Universitas TanjungPura

Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sinaga, Dian. 2005. Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi media Utama.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Bunga, Y. (2024). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN TAMAN BACAAN PLEY PUSTAKA DESA NDETUNDORA II KECAMATAN ENDE KABUPATEN ENDE. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 6(1), 67-81. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v6i1.3837