PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN TAMAN BACAAN PLEY PUSTAKA DESA NDETUNDORA II KECAMATAN ENDE KABUPATEN ENDE
DOI:
https://doi.org/10.37478/sajaratun.v6i1.3837Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Taman Bacaan Pley Pustaka Di Desa Ndetundora II Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap layanan Taman Bacaan Pley Pustaka di desa Ndetundora II Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Peneliti menggunakan teori pendidikan Informal yang di gagas oleh Combs Pendidikan nonformal merupakan setiap aktivitas terorganisasi secara sistematis di luar persekolahan yang mapan, dicoba secara mandiri ataupun ialah bagian penting dari aktivitas yang lebih luas, yang terencana dicoba buat melayani peserta didik tertentu di dalam tujuan belajarnya. Pendidikan nonformal yang mana sangat dipengaruhi oleh keluarga serta lingkungan warga sangat mempengaruhi terhadap pembuatan perilaku serta sikap seseorang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini yaitu 1 pengganti pengelola TBM Pley Pustaka, 4 masyarakat, 1 kepala Desa, dan 1 Kaur Desa. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Pemaparan data, 4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Bacaan Masyarakat Pley Pustaka serius dalam mendidik anak bangsa dengan cara sederhana menyiapkan berbagai literatur atau bahan pustaka bagi anak-anak yang membutuhkan sumber bahan bacaan serta memberikan pelayanan yang baik untuk para pengunjung. Selain ketersedian bahan pustka terdapat juga fasilitas yang mendukung kegiatan membaca di Taman Bacaan Masyarakat yang masih sangat sederhana seperti ruangan khusus, persediaan kursi dan meja serta lemari sebagai tempat untuk menyimpan buku. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan kesederhanaan fasilitas dan keterbatasan tetapi semangat terus berkobar dari pengelola dalam pelayanan kepada anak-anak untuk tetap membaca dan berkunjung ke Taman Bacaan Masyarakat Pley Pustaka.
Downloads
Keywords:
Persepsi, Masyarakat, Layanan, TBM Pley PustakaReferences
Asmani. 2011. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.
Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia Timur. 2018. Daftar Taman Bacaan.
Idrus. 2009. Metodologi Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta:Referensi(Anggota IKAPI).
Kemendikbud. 2017. Gerakan Literasi Nasional: Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta Kemendikbud. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Kemendikbud
Nasution, M Sambirin. 1992 peran pustakawan umum dalam mencerdasakan masyarakat, Jakarta: Pengurus Besar Ikatan Pustakawan Indonesia
Saptiyulda, 2018.” Taman Bacaan Masyarakat Di Kecamatan Pontianak”& Jurnal Online ( 2018) Nomor 2 . Vol 6. Mahasiswa Arsitektur. Universitas TanjungPura
Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sinaga, Dian. 2005. Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi media Utama.