ANALISIS PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Rizka Apriliani Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
  • Eka Atmasari Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
  • Reka Seprina Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk secara rinci menganalisis Penyebaran Agama Islam di Indonesia Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilengkapi dengan metode pengumpulan data berupa tinjauan pustaka. Tujuan penggunaan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dalam tulisan ini adalah untuk memperoleh gambaran yang relevan. Sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber tertulis, khususnya artikel, dan dokumen tertulis, khususnya makalah akademis, yang selanjutnya dituangkan dalam artikel. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  terdapat banyak teori yang dikemukakan oleh para sejarawan mengenai siapa dan darimana islam datang ke Indonesia, seperti teori Gujarat, Persia, dan China. Kemudian, setelah masuknya islam ke Indonesia terdapat beberapa jalur penyebaran agama Islam seperti jalur perdagangan, pernikahan, pendidikan, politik bahkan hingga seni dan tradisi. pemahaman ini, mampu dijadikan sebagai sumber bahan ajar sejarah di sekolah yang mana sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat pada modul ajar kelas X sesuai kurikulum merdeka.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Penyebaran, Agama Islam, Indonesia

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Apriliani, R., Atmasari, E., & Seprina, R. (2024). ANALISIS PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 10-22. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4306