KAJIAN SEJARAH KONFRONTASI MALAYSIA

Authors

  • Al Fadhli Darmawansyah Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
  • Ayu Eltika Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
  • Reka Seprina Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4314

Abstract

Konflik antara Indonesia dan Malaysia yang berlangsung dari tahun 1963 hingga 1966 dibahas dalam artikel ini. Pada saat itu, Indonesia percaya bahwa aneksasi Malaysia atas wilayah Sabah, Sarawak, dan Brunei ke dalam Federasi Malaysia akan menguntungkan kepentingan Inggris di Asia Tenggara. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh latar belakang Konflik Indonesia-Malaysia yang terjadi antara tahun 1963 hingga 1966. Empat teknik penelitian sejarah heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia menghadapi situasi yang sangat menantang selama era demokrasi terpimpin. Indonesia berselisih dengan Malaysia akibat taktik agresif Presiden Sukarno yang kala itu bersifat anti-Muslim. Temuan studi tersebut adalah sebagai berikut: Usulan Tengku Abdulrachman untuk membentuk Federasi Malaysia menjadi katalisator permasalahan awal Malaysia. Wacana seputar lingkungan perang dingin yang memecah dunia menjadi Blok Timur dan Barat benar-benar melanda Indonesia. Indonesia berada di garis depan gerakan non-blok dan menentang munculnya kolonialisme baru.  Sebagai penentang politik nekolim, Presiden Soekarno menilai pembentukan federasi Malaysia telah membahayakan wilayah Indonesia dan Malaysia adalah contoh intervensi Inggris dalam pembentukan nekolim. Konflik ini mempengaruhi proses pengambilan kebijakan perekonomian Indonesia, karena semua inisiatif perekonomian pemerintah didasarkan pada pertimbangan politik dan mempertimbangkan prinsip-prinsip ekonomi yang relevan, sehingga mempengaruhi keadaan perekonomian negara

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Malaysia, Konfrontasi, Kajian Sejarah

References

Abdul Haris Nasution (1966). Sejarah Perjuangan Nasional di Bidang Bersenjata. Jakarta : Mega Bookstore

Adam, Cindy, (1965) Soekarno. Di Bawah Bendera Revolusi Jilid II. Panitia Di Bawah Bendera Revolusi, Jakarta, 1965

DEPPEN RI, (1964)., Glora Konfrontasi Mengganyang Malaysia, Jakarta : DEPPEN RI.

Ganis Harsono, (1989) Cakrawala Politik Era Soekarno. Jakarta : CV Haji Masagung.

Hadi Susastro, dkk, (2005) Pemikiran dan Permasalahan Ekonomi di Indonesia Dalam Setengah Abad Terakhir. Jilid II 1959-1966, Jogjakarta:Kanisius.

Hamid, A., dan Madjid, M. (2014). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hasan, S. H. (2003). Strategi Pembelajaran Sejarah pada Era Otonomi Daerah sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. In Andi Suwirta & H. Sjamsuddin (ed.), Historia Magistra Vitae: Menyambut 70 tahun Prof. Dr. Hj. Rochiati Wiriaatmadja, M.A. Bandung: Historia Press.

https://doi.org/https://doi.org/10.2121/sosiohumanika.v3i2.415.

John B. Srijanto. (2010). Ganyang Malaysia. Politik Konfrontasi Bung Karno. Yogyakarta: InterpreBook

Kusumah Hadiningrat (1971) SejarahOoperasiOperasi Gabungan Dalam Rangka Dwikora. DEPHANKAM PUSJARAH.

LP3ES, (1995) Bank Indonesia Dalam Kilasan Sejarah: Jakarta.

Marwati Djoened, dkk, (2010) Sejarah Nasional Indonesia, jilid VI. Edisi Pemutakhiran, Jakarta : Balai Pustaka.

Ricklefs , MC, (2007) Sejarah Indonesia Modern 1200-2004. Jakarta : Serambi.

Sofyan Saleh, dkk (2000). Perekonomian Indonesia Dalam Prespektif Waktu, Jakarta: Pamator.

Suroso. (1997) Perekonomian Indonesia, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Suwirta, A. (2010). Dua Negara Bangsa Melihat Masa Lalunya: Konfrontasi IndonesiaMalaysia Sebagaimana Dikisahkan dalam Buku-Buku Teks Sejarahnya di Sekolah. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 243±258.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Darmawansyah, A. F., Eltika, A., & Seprina, R. (2024). KAJIAN SEJARAH KONFRONTASI MALAYSIA. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 65-78. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4314