ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBUATAN RUMAH ADAT PADA MASYARAKAT KAMPUNG WOLOROWA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA

Authors

  • Maria Andriani Itu Pendidikan Sejarah Universitas Flores
  • Yosef Dentis Pendidikan Sejarah Universitas Flores
  • Bonaventura R. Seto Se Pendidikan Sejarah Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4372

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses pembuatan rumah adat pada masyarakat Kampung Wolorowa Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada? 2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembuatan rumah adat di Kampung Wolorowa Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimanakah proses pembuatan rumah adat pada masyarakat Kampung Wolorowa Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. 2) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembuatan rumah adat di Kampung Wolorowa Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Sarasedu dengan jumlah informan sebanyak 3 orang key informan (tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat). Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) pengumpulan data, 2) Reduksi Data, 3) Display Data (penyajian data), 4) Verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa: Rumah adat (sa,o adha) adalah rumah adat yang pada dasarnya berbentuk seperti panggung dan material pembangunan mengunakan kayu, bambu, alang-alang, ijuk dan batu. Rumah adat di kampung Wolorowa tediri dari tiga bagian yaitu, ruang inti (one), ruang tengah (teda one) dan ruang depan (teda wewa). Ada tiga tahap dalam proses pembuatan rumah adat yaitu persiapan, inti dan penutup, dan 6 nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam proses pembuatan rumah adat yakni nilai pendidikan karakter Religius, Peduli Sosial, Tanggung Jawab, Kedisiplinan, Demokratis, Dan Kreatif. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam proses pembuatan rumah adat tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat yang terlibat dalam   proses pembuatan rumah adat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Nilai, Pendidikan karakter, Pembuatan rumah adat

References

Ahmad Jupri, M.Eng (2019) Kearifan Lokal Untuk Konservasi Mata Air.

Dalmeri, (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI: Dari Jurnal All-Ulum, Volume 14, Edisi 1,Hal 169-288.

Deddy Febrianshari,Vivin Cahaya Kusuma, Nilda Dwi Jayanti, (2018), Analisis Nilai-Nila Pendidikan Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Malang: Universitas Muhammadiyah. Dari jurnal pemikiran dan pengembangan SD, vol 6, Edisi 1, hal 88-95.

Dharma Kesuma, (2018). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Esma Junaini, Emi Agustina, Amril Canrhas (2017), Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma, Bengkulu: Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni FKIP Universitas Bengkulu: dari Jurnal Korpus, volume 1, edisi 1, halaman 39-43.

Gita Anggraini, (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Masyarakat Adat Dayak Ngaju.Kalimantan Tengah: STKIP Muhammadiyah Sampit. Dari jurnal pemikiran pendidikan islam, vol 10, edisi 2, hal 91-102

Imam Suyitno, (2010). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Malang: FBS Universitas Negeri Malang. Dari jurnal pendidikan karakter, vol 3, edisi 1, hal 1-13

Masita (2012), Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Pada Masyarakat Muslim, Bima: Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah. Dari jurnal studi masyarakat islam, vol 15, edisi 2.

Melinda Sukmawati,Haryanto, Muhtar Sofwan Hidayat (2012), Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada tembang Lir-ilir Karya Sunan Kalijaga dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter di MI: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ.

Mohamad Mustari (2011), Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Rahel maga haingun, heronimus delu pingge (2021), Bahan Pembuatan Umma Kalada Masyarakat Adat Loura Sebagai Sumber Belajar Ips Sd Dan Pendidikan Karakter: Stkip Weetebula. Dari jurnal buletin literasi budaya sekolah, vol 3 edisi 1 hal 22-33.

Sri Suwartini (2017), Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Klaten: Universitas Widyadharma. Dari jurnal pendidikan ke- SD-an, vol 4, edisi 1, hal 220-234.

Studi Kasus Di Lingsar Lombok Barat-NTB): LPPM Unram Press.

Sugiyo.no. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Ulfah Fajarini (2014), Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter, Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Dari Jurnal Sosio Didaktika Social Science Education , Vol 1, Edisi 2, Hal 123-130

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Itu, M. A., Dentis, Y., & Se, B. R. S. (2024). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBUATAN RUMAH ADAT PADA MASYARAKAT KAMPUNG WOLOROWA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 130-145. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4372