REPRESENTASI SPIRIT SOLIDARITAS DALAM BUDAYA SIDA LAKI (Analisis Kualitatif pada Masyarakat Desa Paka Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai)

Authors

  • Florentina Mardiana Sarlin Pendidikan Sejarah Universitas Flores
  • Anita Pendidikan Sejarah Universitas Flores
  • Katarina Dhiki Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4384

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana spirit solidaritas dalam budaya Sida Laki pada masyarakat Desa Paka Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai. 2) Bagaimana persepsi masyarakat terhadap Sida Laki?. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui spirit solidaritas dalam budaya Sida Laki pada masyarakat Desa Paka Kecamatan Satar Mese kabupaten Manggarai. 2) Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Sida Laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Makna budaya Sida Laki sebagai salah satu cara untuk membina hubungan kekeluargaan dimana budaya Sida Laki bukan hanya mempersoalkan materi yang diberikan dari keluarga anak wina kepada keluarga anak rona tetapi juga memaknai sebagai tanda pemersatu dan kekerabatan antara anak wina dan anak rona. Budaya Sida Laki merupakan sebuah bentuk pemberian berkat dan rejeki dari pihak anak wina untuk anak rona. Sida Laki dapat membantu dan meringankan urusan adat anak rona. Masyarakat Desa Paka memiliki persepsi yang positif dan negatif mengenai budaya Sida Laki. Bagi masyarakat, budaya Sida Laki dapat menciptakan nilai spirit solidaritas pada masyarakat Desa Paka. Namun ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa Sida Laki menjadi beban tersendiri bagi pihak anak wina jika permintaan Sida Laki  sangat besar.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Spirit solidaritas, Persepsi, Sida laki

References

Alfaqi, M. Z. (2016). Memahami Indonesia Melalui Perspektif Nasionalisme, Politik Identitas, Serta Solidaritas, Jurnal ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , 28(2).

Normina, n. (2017). Pendidikan Dalam Kebudayaan. ITTIHAD. 15(28),17-28.

Rina Devianty. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2)

Rima Setiyawati. (2014) Peranan Dukun Beranak Bayi dalam Perspektif Masyarakat Jawa Terhadap Proses Persalinan Di Dusun Noloprayan Desa Jatirejo Kabupaten Semarang Jawa Tengah (Melalui Pendekatan Solidaritas Mekanik dan Organik Emile Durkheim).

Odilia Sufalta Jeli & Ni Ketut Purawati, (2019). Sistem Perkawinan Adat Manggarai dalam Perspektif Gender, Desa Nggalak Kecamatan Reo Barat Kabupaten Manggarai Tengah. Social Studies, 7(1).40-49.

Cischa Widya Putri (2019). Analisis Faktor-faktor Keberhasilan Usaha Studi Pada Lurik Prasojo. Fakultas Ekonomi. Universitas Semarang

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Sarlin, F. M., Anita, & Dhiki, K. (2024). REPRESENTASI SPIRIT SOLIDARITAS DALAM BUDAYA SIDA LAKI (Analisis Kualitatif pada Masyarakat Desa Paka Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai). Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 146-152. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4384