PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI I NANGAPANDA

Authors

  • Yuliana Yenita Mete Pendidikan Biologi Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4568

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Nangapanda, dan mengetahui bagaimana kinerja guru setelah diadakan supervisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa masalah dalam  melaksanakan supervisi di sekolah, sehingga sangat diperlukan sekali supervisi untuk meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah SMA Negeri 1 mempunyai   tanggung   jawab   untuk   meningkatkan   kinerja   guru   dalam   mengelola pembelajaran di sekolah, oleh karena itu sangat diperlukan sekali prinsip dan pendekatan agar dapat melakukan supervisi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Kepala sekolah, Tenaga pendidik, Kinerja

References

Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Pedagogi, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(2), 1–9. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4275

Nurfatah, & Nur Rahmad (2018).Pelaksanaan supervisi oleh kepal sekolah dan pengawas sekolah.Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan volume 3,No.

,januari-juni 2018

Rizalul Fiqry, Sarjono, Hikmah Mu’alimah . Supervisi pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme guru pada era pembelajaran abad (hal.4)

Esi, Endang Purwaningsih, Okianna Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK ( hal.9,14)

Afif Takhlishi. Implementasi supervisi pendidikan pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Haliyah Sunan Prawoto Pati. Jurnal Intelegensia – Vol. 06 No. 1 Januari-Juni 2018

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Mete, Y. Y. (2024). PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI I NANGAPANDA. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 176-180. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4568