PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI I NANGAPANDA
DOI:
https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4568Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Nangapanda, dan mengetahui bagaimana kinerja guru setelah diadakan supervisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa masalah dalam melaksanakan supervisi di sekolah, sehingga sangat diperlukan sekali supervisi untuk meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah SMA Negeri 1 mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran di sekolah, oleh karena itu sangat diperlukan sekali prinsip dan pendekatan agar dapat melakukan supervisi dengan baik.
Downloads
Keywords:
Kepala sekolah, Tenaga pendidik, KinerjaReferences
Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Pedagogi, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(2), 1–9. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4275
Nurfatah, & Nur Rahmad (2018).Pelaksanaan supervisi oleh kepal sekolah dan pengawas sekolah.Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan volume 3,No.
,januari-juni 2018
Rizalul Fiqry, Sarjono, Hikmah Mu’alimah . Supervisi pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme guru pada era pembelajaran abad (hal.4)
Esi, Endang Purwaningsih, Okianna Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK ( hal.9,14)
Afif Takhlishi. Implementasi supervisi pendidikan pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Haliyah Sunan Prawoto Pati. Jurnal Intelegensia – Vol. 06 No. 1 Januari-Juni 2018