ANALISIS TINDAKAN KEDISIPLINAN TERHADAP SISWA (STUDI KASUS SISWA MA ALMUTTAQIN ENDE-FLORES-NTT)
DOI:
https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4570Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Tindakan sekolah dalam penerapan kedisplinan di MA Almuttaqin Ende-Flores-NTT. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan metode yang digunakan deskriptif melalui tehnik observasi wawancara. Keabsahan data digunakan tehnik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap guru dalam melakukan kedisplinan kepada siswa telah menerapkan kebiasaan kedisiplinan pada semua warga sekolah. Namun dalam proses pelaksanaan di temukan adanya Tindakan kekerasan dalam mendisiplinkan siswa yang bermasalah. Tindakan sekolah dalam penerapan kedisiplinan menunjukan bahwa sekolah telah tegas mendisiplinkan siswa menggunakan kekerasan, sekolah menyetujui Tindakan ini terjadi karena telah disetujui oleh semua warga sekolah termasuk orang tua siswa. Dampak dari kedispinan menggunakan kekerasan di sekolah menunjukan bahwa adanya dampak positif, ini dibuktikan banyak siswa memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Downloads
Keywords:
Tindakan sekolah, KedisiplinanReferences
Angelia. (2013). Meningkatkan Disiplin Belajar Di Kelas Melalui Metode Reward Berjenjang dan Konsekuensi Logis. Jurnal Pendidikan Penabur, No. 21
Arga Lacop. Ismani. (2012). PengaruhKedisiplinan Siswa dan Persepsi SiswaTentang. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2
Asrian, Aliyah dan Dona (2009). Sikap Ayah dan Ibu Terhadap Kekerasan Oleh Guru. Jurnal Psikologi, Vol.3
Choirun Nisak Aulia. (2013). Penanaman Disiplin Anak Usia Dini. Vol.2, No1, Hal. 36-49
Imaniyah. (2010). Efektivitas Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran di SMP Islamiyah Ciputat. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta
Julia, Daharnis, Ridha (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2. Hal 26-33
Kherunia A. (2013). A Teacher Personality Competence Contributon To A Student Study Motivation And Discipline To Fiqh Lesson : Vol. 2
Lewis R, Romi S, J. Yaacov, Qui X (2008). Student’s Reaction To Classroom Discipline In Australia, Israel, and China, No. 4. Hal. 715-724
Messa Media Gusti. (2012). Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Kerja, dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Purworejo Pasca Sertifikasi . Jurnal Penelitian
Miles, M.B dan Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press
Nugraheni W.P.A (2013). Meningkatkan Disiplin Belajar di Kelas Melalui Metode Reward Berjenjang dan Konsekuensi Logis
Rahman. R.A (2011). Pengaruh Motivasi Lingkungan dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Tekhnik Elektronika, Fakultas Teknik, UNY
Selvia. S. Hubungan Kepribadian Guru PKN Dengan Disiplin Siswa (Studi Korelasi di SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, Prov. Jawa Barat)
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Sutrisno H. (2009). Kasus Perilaku Pelanggaran Disiplin Siswa di Sekolah Ditinjau Dari Kerangka Teori Sosiologi Fungsionalisme. Jurnal Pendidikan Inovatif, Jilid 4. No.2, Hal : 60-66
Widosari. L. (2014). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tekhnik Behavior Pada Siswa. Vol.1. No. 1
Yasin F. ( 2010) . Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah. Jurnal el-Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang.