MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DENGAN MENGGALI KEARIFAN LOKAL WATU RAJO DESA NDUNGGA KECAMATAN ENDE TENGAH KABUPATEN ENDE

Authors

  • Gregorius We'u Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores
  • Alfonsus Ga'a Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4641

Abstract

Peran teknologi informasi dan komunikasi pada era globalisasi saat ini tidak dapat dipungkiri telah menggeser peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya, khususnya dalam hal pembentukan karakter. Kebiasaan orang tua  zaman dahulu mendongengkan cerita rakyat menjelang tidur anak, diakui atau tidak semakin ditinggalkan. Sementara instrumen canggih yang bernama internet begitu banyak menawarkan berbagai informasi, pengetahuan, dan budaya tanpa adanya filter. Internet dan televisi terposisikan sebagai guru, namun tanpa memiliki rasio dan rasa. Anak bebas memilih yang baik atau pun yang buruk tanpa pujian, dorongan, atau pun ancaman dan hukuman. Kondisi ini patut diduga menjadi faktor yang berpengaruh terhadap lunturnya standar moral yang berakar pada nilai-nilai lokal. Dalam kondisi demikian, sekolah diharapkan menjadi tempat menggantungkan harapan untuk membentuk karakter anak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Kearifan lokal yang dimiliki oleh berbagai kelompok masyarakat dapat digali kembali melalui cerita rakyat sebagai materi pembelajaran di sekolah. Sebagai bentuk sastra lisan, cerita rakyat memuat pesan-pesan moral yang baik, yang dapat menjadi perantara untuk memahami nilai-nilai kearifan lokal kelompok masyarakat tertentu. Pentingnya peran guru adalah mencelupkan anak dalam cerita-cerita tradisional, sebagai penutur cerita, dan memilih materi cerita sesuai dengan kriteria, yang mencakup: nilai-nilai moral, dan nilai pesan. Tidak kalah penting dari itu adalah peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kearifan lokal melalui keteladanan dalam kehidupan nyata.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Nilai-nilai, Karakter, Kearifan lokal, Peran guru, Keteladanan

References

Bogdan, R.C. & Bikkelen, S. K. 1982.Qualitative Research for Education: The Incroduction to Theory and Method. Boston: Allyn and Bacon, inc

Fatina, & Iskandar. 2022. Penanaman Nilai Moral Cerita Rakyat Perang Obor Untuk Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 5 No. 1, Februari 2022 Hal. 44-53

Hutomo, S. S. 1991. Mutiara yang terlupakan.Pengantar Study Sastra Lisan. Surabaya: Komisi HISKKI Jatim

Indiarti, Wiwin. Nilai-Nilai Pembentu Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Dodol. Character Builder Values in The Origin of Watu Dodol Folktale. Jurnal-el-Badan Bahasa. Jentera, Volume 6, Nomor 1, Juni 2017.

Malitasari, dkk. 2013. Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Malang. Artikel Penelitian.Mahasiswa.https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/73324/Nur%20Malitasari.pdf?sequence=1&isAllowed=y. Online.Diakses 03 Juli 2024.

Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Megawangi, R. 2009. Pendidikan Karakter, Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Pratiwi, dkk. 2021. Upaya Penanaman Karakter Anak usia Dini Melalui Cerita Rakyat. Jurnal Kumara Cendekia. Vol.9, No.1.Bulan Maret 2021. Hal. 31-40.

Rusyana, R.dkk. 2000.Prosa Tradisional: Pengertian Klasifikasi dan Teks. Jakarta Pustaka Bahasa

Ramdhani, dkk. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Dalam jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Pahlawan.Vol.3, Isue 1. Hal. 153-160.

Sarmini & Hariyanto. 2012. Sang Guru, Manusia Monopluralis. Surabaya: Unesa University Press.

Semiawan, C. R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta:PT Indeks

Sutarto, A. 2011. Lokal sebagai Penguatan Karakter dan Pekerti Bangsa. Bunga Rampai Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Generasi Masa Depan. Surabaya: Unesa University Press.

Christianti & Cholimah, 2024.

https://staffnew.uny.ac.id/upload/132319834/penelitian/9.Pengenalan%20Karakter%20Melalui%20Cerita%20Rakyat%20Budaya%20Lokal%20Untuk%20Anak%20Usia%20Dini.pdf. Online. Diakses, 03 Juli 2024.

http://www.ceritarakyatnusantara.com/#. Diunduh pada 20 Oktober 2023.

http://www.kamusbesar.com/57248/sastra-lisan. Diunduh pada 22 November 2023.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

We’u, G., & Ga’a, A. (2024). MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DENGAN MENGGALI KEARIFAN LOKAL WATU RAJO DESA NDUNGGA KECAMATAN ENDE TENGAH KABUPATEN ENDE. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 211-231. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i1.4641