PERAN GURU PROFESIONAL SEBAGAI FASILITATOR DAN KOMUNIKATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA SMPN SATAP RATENGGOJI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS FLORES
DOI:
https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i2.5125Abstract
Sebagai aspek kemanusiaan dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk berperan sebagai fasilitator, sesuai dengan kreasi kurikulum baru. Selain mampu menemukan dan memanfaatkan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mereka, guru juga diharapkan berperan sebagai mentor. Kedudukan guru sebagai fasilitator dapat dikenali dari lima tanda. Segala sumber belajar disediakan oleh yang pertama, fasilitas belajar disediakan oleh yang kedua, mitra ditindaklanjuti oleh yang ketiga, tanggung jawab mengajar dilaksanakan oleh yang keempat, dan peserta didik disediakan oleh yang kelima dengan tidak bertindak sembarangan. Meski belum mencapai hasil terbaik, guru pada umumnya berusaha berperan sebagai fasilitator. Memperjelas peran guru sebagai fasilitator kegiatan belajar mengajar adalah tujuan dari esai ini.
Downloads
Keywords:
Guru, Profesional, Fasilitator, KomunikatorReferences
Alang, Sattu. 2020. “Kecerdasan Guru Profesional: Intelektual, Emosional, dan Spiritual.”
NineStars Education: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 1 (1): 9–20.
Anwar, Muhamad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarata: Prenada Media.
Apud, Apud. 2020. “Pengembangan Profesi Guru Madrasah Swasta di Kota Serang.”
Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1): 62–79.
Burga, Muhammad Alqadri. 2019. “Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik.” Al-
Musannif 1 (1): 19–31.
Damopolii, Muljono, dan Muhammad Alqadri Burga. 2020. Pendidikan Multikultural
Pesantren Berbasis Toleransi: Upaya Merajut Moderasi Beragama. Makassar:
Alauddin University Press.
Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Jakarata: Prenada Media.
Dedi, Supriadi. 2007. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya
Nusa. Putri, Ayu Dwi Kesuma, dan Nani Imaniyati. 2017. “Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Professional Development of Teachers in Improving the Performance of Teacher).” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2 (2): 93–101.
Rajagukguk, Bresman. 2009. “Paradigma Baru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.”
Jurnal Tabularasa 6 (1): 77–86.
Republik Indonesia. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”. 2005a. “Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” 2005b. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.”
https://etheses.iainkediri.ac.id/2383/3/932128014%20BAB%202.pdf