PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU DALAM MEWUJUDKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i2.5127Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru dalam meningkatkan proses pembelajaran agar terciptanya suatu pembelajaran yang efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini tinjauan pustaka, karena penelitian kepustakaan merupakan suatu cara untuk menemukan beberapa teori yang ada, maka bahan pendukung yang digunakan berasal dari literatur dan referensi yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini guru yang profesionalisme adalah guru yang memiliki kemampuan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, aman dan menyemangati siswa. Guru juga harus memiliki nilai-nilai pribadi yang mencerminkannya peranannya sebagai teladan bagi siswa. Dalam proses pembelajaran, guru harus menanamkan nilai-nilai karakter pada diri siswa, dimana pendidikan moral selama ini semakin kurang menjadi tugas guru dalam pendidikan sekolah.
Downloads
Keywords:
Guru, InklusifReferences
Alang, Sattu. 2020. “Kecerdasan Guru Profesional: Intelektual, Emosional, dan Spiritual.”
NineStars Education: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 1 (1): 9–20.
Anwar, Muhamad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarata: Prenada Media.
Apud, Apud. 2020. “Pengembangan Profesi Guru Madrasah Swasta di Kota Serang.”
Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1): 62–79.
Burga, Muhammad Alqadri. 2019. “Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik.” Al-
Musannif 1 (1): 19–31.
Damopolii, Muljono, dan Muhammad Alqadri Burga. 2020. Pendidikan Multikultural
Pesantren Berbasis Toleransi: Upaya Merajut Moderasi Beragama. Makassar:
Alauddin University Press.
Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Jakarata: Prenada Media.
Dedi, Supriadi. 2007. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya
Nusa. Putri, Ayu Dwi Kesuma, dan Nani Imaniyati. 2017. “Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Professional Development of Teachers in Improving the Performance of Teacher).” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2 (2): 93–101.
Rajagukguk, Bresman. 2009. “Paradigma Baru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.”
Jurnal Tabularasa 6 (1): 77–86.
Republik Indonesia. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”. 2005a. “Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” 2005b. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.”
https://etheses.iainkediri.ac.id/2383/3/932128014%20BAB%202.pdf