IDENTIFIKASI MENJADI GURU PROFESIONAL DI ERA MODERN

Authors

  • Veronika P. Sinta Mbia Wea Pendidikan Biologi Universitas Flores
  • Maria Fransiska Owa Pendidikan Biologi Universitas Flores
  • Renata L.B Jimin Pendidikan Biologi Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i2.5151

Abstract

Guru merupakan elemen penting dalam pendidikan dan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter serta keterampilan siswa, terutama di era digital saat ini. Untuk memenuhi tuntutan ini, guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan profesionalisme guru di era modern yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan globalisasi. Dengan menggunakan studi pustaka, artikel ini menganalisis tantangan yang dihadapi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran dan bagaimana strategi pengembangan profesionalisme dapat diterapkan, seperti pelatihan berkelanjutan, pendekatan pembelajaran hybrid, dan manajemen kelas berbasis teknologi. Temuan menunjukkan bahwa guru profesional di era digital perlu mengadopsi metode pembelajaran inovatif yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Pembelajaran Hybrid, Globalisasi, Integrasi Tekhnologi

References

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Mbia Wea, V. P. S. ., Owa, M. F. ., & Jimin, R. L. (2024). IDENTIFIKASI MENJADI GURU PROFESIONAL DI ERA MODERN. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(2), 36-47. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i2.5151