MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.37478/sajaratun.v9i2.5275Abstract
Manajemen sekolah dapat diartikan sebagai proses mengenai perencnaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan dengan tujuan untuk , Mencapai tujuan suatu Lembaga yang telah ditentukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan meliputi: perencanaan kurikulum, program pembelajaran, penggunaan sumber daya, dan pengalokasian dana, menciptakan lingkungan belajar yang efektif, mengembangkan potensi siswa, dan meningkatkan prestasi akademik dan bagaimana Kerja sama yang baik dari seluruh anggota sekolah. Penelitian ini menganalisis bagaimana penerapan prinsip-prinsip manajemen yang efektif, meliputi perencanaan strategis, pengorganisasian sumber daya (termasuk SDM, keuangan, dan sarana prasarana), penggerakan dan pengawasan, dapat berdampak signifikan pada peningkatan kualitas pembelajaran, prestasi siswa, dan iklim sekolah yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel, serta berorientasi pada peningkatan kapasitas guru dan pemberdayaan siswa, merupakan faktor kunci keberhasilan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen sekolah yang lebih efektif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Downloads
Keywords:
Manajemen sekolah, Mutu pendidikanReferences
Alfiansyah, M., Assingkily, M. S., & Prastowo, A. (2020). Kebijakan Internal Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 52.
Atikasari, N. A. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1-7.
Basyit, A. (n.d.). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam.
Fadli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Muhammad Fadhli.
Fattah, N. (2009). Landasan manajemen pendidikan.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31.
Gunawan, I., & Benty, D. D. N. (2017). Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik.
Hartani, A. L. (2011). Manajemen Pendidikan.
JAMBI, S. T. S. (2009). Manajemen pendidikan.
Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification Journal, 1(1), 119-125.
Muhammad, S., & Rahman, M. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Edukasi, 15(1), 610-620.
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan.
Pananrangi, H. A. R., & SH, M. P. (2017). Manajemen Pendidikan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan - Sabariah DOI:
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1), 58-67.
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah.
Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206-218.
Sista, T. R. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1288
Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 94-104.