STRATEGI ETNOPEDAGOGI DALAM INTERNALISASI NILAI BUDAYA LOKAL
Abstract
Penelitian ini membahas revitalisasi nilai budaya lokal melalui etnopedagogi sebagai strategi inovatif dalam pendidikan multikultural. Dalam era globalisasi, nilai-nilai budaya lokal cenderung tergerus oleh arus modernisasi, sehingga diperlukan pendekatan yang dapat mengintegrasikan budaya lokal dalam proses pendidikan. Etnopedagogi menjadi solusi strategis dalam membangun kesadaran multikultural sekaligus memperkuat identitas budaya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan etnopedagogi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap keberagaman budaya serta memperkuat nilai-nilai lokal dalam pendidikan multikultural. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di sekolah menengah atas yang menerapkan pembelajaran berbasis budaya lokal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi etnopedagogi dalam pendidikan multikultural mampu meningkatkan apresiasi siswa terhadap budaya lokal, memperkuat sikap toleransi, serta mendorong keterlibatan aktif dalam pelestarian budaya. Dengan demikian, etnopedagogi dapat menjadi strategi inovatif yang tidak hanya menjaga warisan budaya, tetapi juga membangun kesadaran multikultural yang lebih inklusif. Temuan ini merekomendasikan pengembangan kurikulum berbasis budaya lokal sebagai upaya sistematis dalam pendidikan multikultural di Indonesia.
Downloads
Keywords:
Etnopedagogi, Nilai budaya lokal, Pendidikan multikultural, Inovasi pendidikan, Identitas budayaReferences
Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural: Teori dan Praktik dalam Ruang Sekolah dan Kelas. Jurnal Pendidikan Multikultural, 7(2), 55-70.
Fatmi, N., et al. (2023). Implementasi Pendekatan Etnopedagogi Berbasis Kearifan Lokal terhadap Pembelajaran Tematik pada Guru Kelas. Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(1), 1-10.
Hafid, A., et al. (2015). Pendekatan Etnopedagogi sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 33-45.
Hikmah, S. N. A. (2023). Etnopedagogi: Potret Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi. Jurnal Insight Mediatama, 1(1), 1-15.
Koesoema, D. (2021). Pendidikan Multikultural: Konsep, Pendekatan, dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lestari, D. (2017). Etnopedagogi sebagai Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 75-88.
Maulida, D., et al. (2014). Kajian Semiotik dan Etnopedagogi dalam Rumpaka Tembang Sunda Cianjuran. Jurnal Penaliterasi, 3(1), 45-60.
Prasetyo, A. (2021). Implementasi Etnopedagogi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa. Jurnal Pendidikan Multikultural, 5(3), 145-158.
Rahmawati, Y. (2020). Kajian Dieng Culture Festival sebagai Implementasi Etnopedagogi Materi. Jurnal Biodik, 6(2), 298-312.
Roudometof, V. (2016). Glokalisasi: Antara Globalisasi dan Lokalitas. Jurnal Sosial dan Budaya, 12(1), 22-35.
Saptadi, N. T. S., & Hamid, A. (2023). Pendidikan Multikultural: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Multikultural, 10(1), 25-40.
Suryani, N. (2019). Peran Etnopedagogi dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Kurikulum dan Pengajaran, 14(2), 110-120.
Ubadah, H. (2023). Pendidikan Multikultural: Teori dan Praktik dalam Ruang Sekolah dan Kelas. Palu: Penerbit UIN Datokarama.
Wahyuni, S. (2020). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan yang Relevan dalam Mengatasi Permasalahan Global. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 50-65.
Yulianti, L. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Toleransi Antarbudaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 89-102.