Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Trayek Termina Mena - Kota Ruteng

Authors

  • Ernes Fabianus Kase Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Flores
  • Thomas Aquino Arif Sidyn Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Flores
  • Valentinus Tan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/teknosiar.v13i1.232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan angkutan umum dan mengoptimalkan angkutan umum yang ada pada trayek Terminal Mena – Kota Ruteng. Parameter yang ditinjau berupa tingkat efektifitas dengan parameter waktu tempuh kendaraan, waktu tunggu, kecepatan, headway, tingkat operasional dan faktor muatan penumpang. Metode yang digunakan adalah survei dan wawancara dengan operator atau sopir dan penumpang angkutan umum. Hasil Peneltian menunjukan bahwa kinerja pelayanan angkutan umum bila ditinjau dari Headway kendaraan berkisar sebesar 5,97 menit karena masih berada pada rentangan Headway menurut standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yaitu 1 – 12 menit. Kinerja angkutan umum memperoleh kecepatan rata-rata berkisar dari 5,1 km/jam dimana belum memenuhi standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat adalah 10 – 25 km/jam. Tingkat Operasional ditinjau dari waktu tunggu rata-rata sebesar 2,98 menit belum memenuhi standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat adalah 5 - 10  menit. Faktor muatan penumpang rata-rata berkisar dari 24,59% belum memenuhi standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat adalah diatas 70%. Kesimpulan menunjukan kinerja pelayanan angkutan umum sudah baik, Namun kinerja angkutan umum,  Tingkat Operasional, Faktor muatan penumpang belum memadai. Khususnya factor muatan disebabkan karena berubahnya minat penumpang yang menggunakan jasa mobil penumpang ke jasa Ojek.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Angkutan umum, Kinerja pelayanan, Penumpang umum

References

Ahmad, M. 2001. Angkutan Umum. Jakarta: Erlangga.
Departemen Perhubungan RI. Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 2002.
Direktorat Jendral Perhubungan Darat RI. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan teratur: Jakarta.
Morlok, E.K. 1985. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga:
Nasution, H.M.N. 2003. Manajemen Transportasi. Jakarta: Ghalia.
Tamin, O.Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.
Warpani, S.Ir. 1990. Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta: Penerbit Bharata Karya Aksara.
Wikimapia. Peta Terminal Mena – Kota Ruteng. Google Map Ruteng. 2007.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Kase, E. F. ., Sidyn, T. A. A., & Tan, V. . (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Trayek Termina Mena - Kota Ruteng. TEKNOSIAR, 13(1), 46-56. https://doi.org/10.37478/teknosiar.v13i1.232

Issue

Section

Articles