Kesalahan Pengucapan Kata Berfonem /R/ Penelitian Insidental Pemerolehan Bahasa Pertama Anak

Authors

  • Ummur Khair IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v3i2.2380

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan pengucapan kata yang memiliki fonem /r/ dan mendeskripsikan kata-kata yang sulit diucapkan Zaki. iMetode iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah imetode ideskriptif. iSubjek ipenelitian iini iadalah iAhsan iHanif iZaki. iTeknik ipengumpulan idata iyang idigunakan iadalah ipengamatan, icatat, idan iperekaman.. iTeknik ipengolahan idata idengan ilangkah imengidentifikasi idata, imemasukkan idata ike idalam itabel, idan imenganalisis iujaran iberfonem i/r/. iBerdasarkan ihasil ianalisis idata idan ipembahasan idiketahui ibahwa tidak ada kesulitan bagi Zaki dalam melafalkan kata berfonem /r/ di depan, di tengah, dan di akhir kata. Zaki masih mengalami kesulitan dalam melafalkan kata berfonem /r/ di depan yang dikombinasikan dengan fonem /l/. Hal ini dapat dilihat dari kata-kata yang diucapkan Zaki yaitu /lel/, /lelif/, /leliya/, /lela/, /lol/, /lil/, /lur/, /lar/, /leligi/, /luli/, dan /lelung/. Zaki juga mengalami kesulitan mengucapkan kata berfonem /r/ di tengah kata yang dikombinasikan dengan fonem /l/. hal ini terlihat dari kata yang diucapkan Zaki yaitu /lali/, /lalis/, /lala/, /lulus/, /syahlul/, /kelilu/, /falel/, /tlali/, dan /tlibun/. Kesalahan terjadi karena adanya penggantian fonem /r/ menjadi /l/. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Zaki mengalami kesulitan dalam melafalkan suatu kata yang di dalamnya terdapat fonem /r/ dan /l/ sekaligus. Saran yang terdapat dalam penelitian ini adalah setiap orang tua dapat membimbing anak dalam tahap pemerolehan bahasa pertamanya.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Khair, U. . (2022). Kesalahan Pengucapan Kata Berfonem /R/ Penelitian Insidental Pemerolehan Bahasa Pertama Anak. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 165-182. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v3i2.2380