ISSN |
ISSN 2745-6358 (Printed)
ISSN 2745-634X (Online)
Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
e-ISSN: 2745- 634X
URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index
RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan.
Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores
Alamat Redaksi:
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Flores
Jl. Sam Ratulangi
Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,
Nusa Tenggara Timur, 86319
DOI: https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1 Published: 2023-06-27